Hubungan efikasi diri, optimisme, dukungan sosial dan psychological well-being peserta didik SMK Negeri se-kota Malang / Fiki Prayogi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan efikasi diri, optimisme, dukungan sosial dan psychological well-being peserta didik SMK Negeri se-kota Malang / Fiki Prayogi

Prayogi, Fiki (2017) Hubungan efikasi diri, optimisme, dukungan sosial dan psychological well-being peserta didik SMK Negeri se-kota Malang / Fiki Prayogi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prayogi Fiki. 2016. Hubungan Efikasi Diri Optimisme Dukungan Sosial dan Psychological Well-Being Peserta Didik SMK Negeri se-Kota Malang. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muslihati S.Ag. M.Pd. (II) Dr. Dany M. Handarini M.A. Kata kunci efikasi diri optimisme dukungan sosial psychological well-being Fokus pemberian layanan Bimbingan dan Konseling saat ini tidak hanya merujuk pada psikologi klasik sebagai bentuk kuratif tetapi mulai merujuk pada psikologi positif sebagai bentuk preventif. Psikologi positif merupakan kajian ilmiah yang merujuk tentang bagaimana membuat hidup lebih berharga dan bermakna dan memiliki psychological well-being (PWB). Peserta didik sekolah menengah kejuruan (SMK) sebagai generasi penerus bangsa perlu memiliki psychological well-being guna kemandirian dengan segala potensi diri yang dimiliki. Oleh karena itu konselor atau guru Bimbingan dan Konseling sebagai salah satu personil yang bertanggung jawab memfasilitasi PWB mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi psychological well-being peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan efikasi diri optimisme dukungan sosial dan psychological well-being peseta didik SMK Negeri Se-Kota Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto dengan rancangan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini sejumlah 20857 dengan sampel sejumlah 392 peserta didik SMKN se-kota Malang yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa skala psikologis. Efikasi diri diukur menggunakan Morgan-Jinks Students Efficacy Scale (MJSES) optimisme diukur menggunakan Life Orientaion Tes (LOT) dukungan sosial diukur menggunakan Interpersonal Support Evaluation List (ISEL) psychological well-being diukur menggunakan Ryff s psychological well-being scales (RPWB). Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara variabel efikasi diri optimisme dan dukungan sosial dengan psychological well-being. Kontribusi variabel efikasi diri optimisme dukungan sosial dan psychological well-being dapat dijelaskan dengan nilai 26 9% sedangkan sisanya 73 1% dijelaskan oleh faktor lain. Sumbangan pengaruh efikasi diri dengan psychological well-being sebesar 8 7% optimisme 9 5% dan dukungan sosial sebesar 48%. Saran dari hasil penelitian ini 1) dapat dijadikan bahan pertimbangan guna mendapatkan layanan terprogram yang relevan sebagai upaya meningkatkan efikasi diri optimisme dan dukungan sosial guna memfasilitasi psychological well-being peserta didik. 2) Konselor atau guru Bimbingan dan Konseling dan guru bidang studi perlu membangun dukungan sosial perihal yang mendidik yang mampu memfasilitasi psychological well-being peserta didik. 3) peneliti selanjutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan penggalian variabel lain yang berhubungan dan mempengaruhi psychological well-being. 4) Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian menggunakan sampel peserta didik SMK dengan jurusan yang lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56890

Actions (login required)

View Item View Item