Pengembangan dan validasi inventori manajemen stres pada siswa SMP Negeri / Galuh Mahanani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan dan validasi inventori manajemen stres pada siswa SMP Negeri / Galuh Mahanani

Mahanani, Galuh (2017) Pengembangan dan validasi inventori manajemen stres pada siswa SMP Negeri / Galuh Mahanani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahanani Galuh. 2016. Pengembangan dan Validasi Inventori Manajemen Stres pada Siswa SMP Negeri. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Triyono M.Pd (II) Dr. IM Hambali M.Pd. Kata kunci pengembangan inventori manajemen stres Stres merupakan salah satu hal yang sering dialami oleh individu tanpa terkecuali peserta didik SMP. Manajemen stres merupakan suatu program untukmelakukanpengontrolanataupengaturanstres yang bertujuanuntukmengenalpenyebabstresdanmengetahuistrategimengelolastres. Penelitian pengembangan inventori manajemen stres dilaksanakan atas dasar adanya kebutuhan instrumen pengumpul data sebagai bagian penting dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah inventori manajemen stres untuk peserta didik SMP yang terstandar dan dapat mengukurkemampuanmanajemenstrespesertadidik. Inventorimanajemenstresdiharapkandapatdigunakanolehkonseloruntukmembantupesertadidikdalammengenalidanmemahamidiri.Inventorimanajemenstresinidikembangkanberdasarkanteori Lazarus Folkmantentangstrategicoping yang terbagimenjadi 2 bagian yaituproblem-focused copingdanemotion-focused copingdanterdiridari 8 dimensimeliputiplanful problem solving confrontive coping seeking social support accepting responsibility distancing escape-avoidance self-control and positive reappraisal. Penelitianpengembanganinimengadaptasilangkahpengembangan Gregory yang terdiridarimendefinisikantes memilihskala mengonstruksibutir mengujibutir revisi danpengembangannorma. Penilaianahlidilakukanolehtigaahliinstrumendanbimbingankonseling serta 90 pesertadidik SMP sebagaipenilaiketerbacaaninstrumen.Ujilapangandilakukankepadapesertadidik SMP di Kota Malang JemberdanTulungagung sebanyak 399 pesertadidik. Hasilpenelitianberdasarkanpenilaianahliinstrumendanbimbingankonselingmenunjukkansangatsesuai yang berartiinventorimanajemenstresinitelahmemenuhikriteriabaikdandapatdigunakandalampelaksanaan program bimbingandankonseling di SMP.Hasilpenilaianketerbacaanmenunjukkanbahwainventorimanajemenstresmudahdipahamiolehpesertadidik.Hasilujireliabilitasmenggunakan Alpha Cronbachmenunjukkannilaisebesar 0.903 yang berartireliabel.Ujivaliditaskonstrukmerujukpadaloading factor 8805 0.5 dannilai KMO-MSA sebesar 0.869.Inventorimanajemenstresiniberupa 38 butirpernyataandari 8 indikator. Berdasarkanhasilpenelitiantersebut saran yang diberikanadalahkonselordiharapkandapatmenggunakaninventoriinidalampemberianbantuankepadapesertadidik dan inventori manajemen stres ini perlu dikembangkanlebihbesarlagipada sampel dengan lokasi yang berbeda guna mengetahui konsistensi reliabilitas dan validitas instrumen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56889

Actions (login required)

View Item View Item