Kontribusi dukungan sosial, harga diri, keterampilan sosial terhadap resiliensi siswa SMA Negeri di Kota Malang / Mohamad Syafiq - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi dukungan sosial, harga diri, keterampilan sosial terhadap resiliensi siswa SMA Negeri di Kota Malang / Mohamad Syafiq

Syafiq, Mohamad (2017) Kontribusi dukungan sosial, harga diri, keterampilan sosial terhadap resiliensi siswa SMA Negeri di Kota Malang / Mohamad Syafiq. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syafiq Mohamad. 2016. Kontribusi dukungan sosial harga diri keterampilan sosial terhadap resiliensi siswa SMA Negeri di Kota Malang. Tesis. Program Studi Bimbingan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Adi Atmoko M.Si Pembimbing (II) Dr. H. M. Ramli M.A. Kata Kunci resiliensi dukungan sosial harga diri dan keterampilan sosial. Resiliensi merupakan bagian terpenting siswa untuk dapat mengatasi tekanan aktivitas yang padat di sekolah yang berdampak pada tingkat stress yang tinggi. Siswa yang resilien terbentuk melalui faktor dukungan sosial harga diri dan keterampilan sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi (1) dukungan sosial terhadap resiliensi siswa (2) harga diri terhadap resiliensi siswa (3) keterampilan sosial terhadap resiliensi siswa (4) dukungan sosial harga diri keterampilan sosial terhadap resiliensi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kontribusi. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa dari 10 sekolah SMA Negeri di Kota Malang yang berjumlah 9.223 siswa dengan sampel berjumlah 383 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage cluster random sampling yang diambil dari 12 kelas yang tersebar di 4 sekolah SMA Negeri di Kota Malang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen resiliensi dukungan sosial harga diri keterampilan sosial. Nilai Alpha Cronbach s untuk instrument resiliensi sebesar 0 853 untuk instrument dukungan sosial 0 882 untuk instrument harga diri 0 676 untuk instrument keterampilan sosial 0 668. Data dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa resiliensi yang dimiliki siswa SMA Negeri di Kota Malang merupakan kontribusi dari dukungan sosial sebesar 5 31% harga diri sebesar 20 04% keterampilan sosial sebesar 11 24% berarti akumulasi kontribusi ketiga variabel independen terhadap resilensi siswa sebesar 36 6% sedangkan 63 4% merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Saran pada penelitian sebagai berikut (1) konselor dapat memperhatikan faktor penunjang resiliensi siswa dengan mempertimbangkan ketiga variable independen. (2) peneliti selanjutnya dapat mempertimbangkan variable-variabel lainnya sebagai pengembangan teori yang sesuai dengan konteks masalah terbaru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56888

Actions (login required)

View Item View Item