Hubungan antara harga diri, dukungan sosial, kepribadian dan psychological well-being siswa SMP Negeri se-Kota Malang / Mufied Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara harga diri, dukungan sosial, kepribadian dan psychological well-being siswa SMP Negeri se-Kota Malang / Mufied Fauziah

Fauziah, Mufied (2017) Hubungan antara harga diri, dukungan sosial, kepribadian dan psychological well-being siswa SMP Negeri se-Kota Malang / Mufied Fauziah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauziah Mufied. 2016. Hubungan antara Harga Diri Dukungan Sosial Kepribadian dan Psychological Well-Being Siswa SMP Negeri Se-Kota Malang. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany M. Handarini M.A. (II) Dr. Muslihati S.Ag. M.Pd. Kata kunci harga diri dukungan sosial kepribadian extraversion kepribadian agreeableness kepribadian conscientiousness kepribadian neuroticism kepribadian openness psychological well-being Pemberian layanan bimbingan dan konseling di sekolah kini lebih banyak diarahkan ke tujuan preventif dan developmental daripada difokuskan pada pelayanan kuratif saja. Karenanya kajian mengenai psikologi positif seperti psychological well-being dirasa cocok untuk dikaji lebih mendalam. Psychological well-being adalah realisasi dan pencapaian penuh akan potensi individu dimana individu dapat menerima kekurangan dan kelebihan diri mandiri mampu membina hubungan yang positif menguasai lingkungannya memiliki tujuan hidup dan mampu mengembangkan pribadinya secara terus menerus. Psychological well-being dapat dipengaruhi berbagai faktor baik faktor internal (harga diri dan kepribadian) maupun external (dukungan sosial). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dukungan sosial kepribadian extraversion kepribadian agreeableness kepribadian conscientiousness kepribadian neuroticism kepribadian openness dan psychological well-being Siswa SMP Negeri Se-Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Pengumpulan sampel dilakukan dengan cluster random sampling sebanyak 393 siswa SMP Negeri Kota Malang. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Pengumpulan data menggunakan skala harga diri skala dukungan sosial skala kepribadian dan skala psychological well-being. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan variabel yang memiliki hubungan denga psychological well-being adalah harga diri dukungan sosial kepribadian agreeableness kepribadian neuroticism dan kepribadian conscientiousness. Presentase sumbangan self-esteem terhadap psychological well-being adalah 40 3% social support terhadap psychological well-being adalah 27 9% kepribadian agreeableness terhadap psychological well-being adalah 13 6% kepribadian neuroticism terhadap psychological well-being adalah 10 5%. Dan kepribadian conscientiousness terhadap psychological well-being adalah 7 2% Akumulasi pengaruh ketujuh variabel independen sebesar 61% varian psychological well-being dapat dijelaskan ketiga variabel bebas dan sisanya yaitu sebanyak 39 % disebabkan oleh faktor lain. Saran yang dapat diberikan praktisi bimbingan dan konseling dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk mencari strategi yang baik dalam peningkatan psychological well-being siswa dengan memperhatikan beberapa faktor yang telah diuji dalam penelitian ini seperti harga diri dukungan sosial dan kepribadian. Konselor dapat memanfaatkan penelitian ini sebagai acuan dalam upaya pemerhatian akan psychological well-being di sekolah. Sedangkan bagi lembaga pendidikan bahwa hasil penelitian ini dapat memperkaya hasil penelitian sebelumnya dalam bidang bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56887

Actions (login required)

View Item View Item