Pengembangan panduan pelatihan peningkatan kematangan karier siswa berbasis appreciative inquiry bagi guru BK di Sekolah Menengah Pertama / Foctanian Lohmay - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan peningkatan kematangan karier siswa berbasis appreciative inquiry bagi guru BK di Sekolah Menengah Pertama / Foctanian Lohmay

Lohmay, Foctanian (2017) Pengembangan panduan pelatihan peningkatan kematangan karier siswa berbasis appreciative inquiry bagi guru BK di Sekolah Menengah Pertama / Foctanian Lohmay. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lohmay Foctanian. 2016. Pengembangan panduan pelatihan peningkatann kematangan karier siswa berbasis appreciative inquiry bagi guru BK di Sekolah Menengah Pertama. Tesis . Program Studi Bimbingan dan Koseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Triyono M.Pd. (II) Dr. M. Ramli MA. Kata Kunci pengembangan panduan pelatihan kematangan karier appreciative inquiry. Tingkat kematangan karier siswa masih dalam fase fantasi belum mengarah kepada realistis pengambilan keputusan karier siswa masih didasarkan pada orang terdekat (keluarga dan teman sebaya). Kematangan karier merupaka kemampuan individu dalam mengakses mengarahkan diri berdasarkan informasi karier untuk membuat pilihan dalam melihat peluang yang memungkinkan untuk mengambil keputusan secara realistis. kematangan karier siswa berkaitan dengan keterampilan guru dalam memfasilitasi perkembangan siswa. guru sebagai fasilitator dituntut untuk menguasai subtansi materi yang diberikan kepada siswa. Namun pada kenyataannya hasil observasi wawancara terhadap guru BK SMP di kota Kupang guru kurang terampil dalam memfasilitasi dalam meningkatkan kematangan kariernya. faktor rendahnya kompetensi tersebut salah satunya ialah pihak pemerinta khususnya dinas pendidikan melalui MGBK belum memfasilitasi guru melalui pelatihan peningkatan kematangan karier siswa dengan panduan pelatihan. Panduan pelatihan dikembangkan dapat memfasilitasi guru BK se Kota Kupang untuk memfasilitasi siswa untuk memilih dan mempersiapkan karier berdasarkan bakat dan minat siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan produk yang dikembangkan adalah panduan pelatihan peningkatan kematangan karier siswa berbasis appreciative inquiry bagi guru BK di SMP. Panduan pelatihan ini dikembangkan menggunakan model Borg dan Gall dengan mengadaptasi sembilan langkah. Data diperoleh dari angket siswa sebelum dan setelah perlakuan (pretest dan posttest) data diuji keefektifannya dengan uji-tdan N-Gain. Hasil penelitian menunjukan data persentase yang diperoleh dari ahli BK 79%(Layak) dan ahli media 81% (sangat layak). Hasil uji perorangan 89% (sangat layak) berdasarkan hasil persentase perkomponen dalam penilaian panduan dijabarkan sebagai berikut aspek isi panduan 86 3% aspek sistematika 86% aspek penggunaan bahasa 94 5% dan tata letak 90 5% maka hasil penialaian komponen dalam panduan disimpulkan layak untuk diimplementasikan. Data efektifitas pelatihan diberikan kepada siswa untuk mengukur tingkat kematangan kariernya meningkat atau tidak. Data yang diperoleh (pretest dan posttest) telah memenuhi prasyarat analisis yaitu data terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t (paired samples t test) dan diperoleh hasil dari data pretest dan posttest masing-masing 61 87 dan 84 74 dengan nilai korelasi 0 168 serta nilai signifikasinya 0 478 maka dapat disimpulkan ada perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Setelah mengetahui hasil dari uji-tmaka dihitung peningkatannya dengan menggunakan N-Gaindan hasilnya 59 24%. Kesimpulannya panduan yang dikembangkan adalah produk yang baik dan efektif untuk meningkatkan kematangan karier siswa. Saran yang diajukan berkaitan dengan pengembangan selanjutnya yakni appreciative inquiry dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi dalam bidang pribadi sosial dan belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56886

Actions (login required)

View Item View Item