Pengembangan panduan evaluasi kinerja konselor profesional di sekolah menengah pertama / Masni Wilujeng - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan evaluasi kinerja konselor profesional di sekolah menengah pertama / Masni Wilujeng

Wilujeng, Masni (2017) Pengembangan panduan evaluasi kinerja konselor profesional di sekolah menengah pertama / Masni Wilujeng. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wilujeng Masni. 2016. Pengembangan Panduan Evaluasi Kinerja Konselor Profesional di SMP. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. M. Ramli M.A. (2) Dr. Triyono M.Pd. Kata kunci Evaluasi Kinerja Konselor Profesional Discrepancy Model. Penelitian pengembangan ini berdasarkan pada fenomena yang terjadi Kabupaten Probolinggo yaitu belum terlaksananya evaluasi kinerja konselor. Hal ini disebabkan karena rendahnya pengetahuan tentang evaluasi kurangnya minat dan kemampuan untuk mengevaluasi kinerja konselor profesional yang sistematis kesulitan menentukan aspek kinerja konselor profesional yang akan di evaluasi kurangnya mendapat pelatihan evaluasi kinerja konselor profesional sehingga banyak konselor yang kurang mengerti akan kinerja konselor profesional dan belum adanya panduan untuk dijadikan acuan evaluasi kinerja konselor profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk yaitu panduan evaluasi kinerja konselor profesional di SMP. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan panduan evaluasi kinerja konselor profesional ini diadaptasi dari model Borg Gall (1983) dan evaluasinya mengunakan discrepancy model yang dikembangkan oleh Malcom Provus. Model Evaluasi ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesenjangan antara standar dengan hasil evaluasi dalam mengimplementasikan kinerja konselor profesional di sekolah. Hasil analisis baik secara kuantitatif dan kualitatif menunjukkan bahwa panduan evaluasi kinerja konselor profesional telah memenuhi aspek ketepatan kegunaan kelayakan dan kepatutan. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan tersebut maka saran yang diajukan adalah (1) Pengguna produk benar-benar memahami dan mempelajari panduan evaluasi kinerja konselor profesional ini agar dapat diaplikasikan di sekolah khususnya di SMP (2) Peneliti selanjutnya perlu melakukan uji kelompok kecil atau uji lapangan yang lebih luas serta pengkajian untuk mengetahui keefektifan panduan evaluasi kinerja konselor profesional di SMP guna diperoleh hasil yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56881

Actions (login required)

View Item View Item