Novitasari, Zeti (2017) Keefektifitan strategi modeling partisipan dalam bantuan teman sebaya untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa SMA / Zeti Novitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Novitasari Zeti. 2016. Keefektifan Strategi Modeling Partisipan Dalam Bantuan Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa SMA.Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah M.Pd (2) Prof. Dr. H. Andi Mappiare-AT M.Pd Kata Kunci komunikasi interpersonal strategi modeling partisipan bantuan teman sebaya Komunikasi interpersonal merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting dimiliki oleh seorang pelajar untuk mencapai keberhasilan dalam aktivitas masa depan. Hal tersebut menyebabkan perlu strategi yang tepat untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan strategi modeling partisipan dan covert modeling yang diimplementasi dalam bantuan teman sebaya untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen pretest and posttest control group design. Strategi modeling partisipan sebagai kelompok eksperimen dan covert modeling sebagai kelompok kontrol. Setiap kelompok eksperimen dan kontrol terdiri dari enam siswa yang terjaring memiliki komunikasi interpersonal rendah. Instrumen yang digunakan adalah skala komunikasi interpersonal panduan bantuan teman sebaya dengan strategi modeling partisipan dan covert modeling lembar refleksi diri.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian melalui dua cara yakni analisis utama untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji statistik non parametrik yakni Two-Independent-Sampel Test-Mann-Whitney U dan analisis untuk mengetahui perubahan pada masing-masing kelompok menggunakan uji Wilcoxon. Hasil pretest dan posttest dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon Hasil analisis menunjukkan nilai Z hitung lebih besar dari Z tabel (2 892 1 96) dan taraf signifikansi 0 004
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56879 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |