Jauhari, Ahmad Faizal Amir (2017) Pengembangan modul latihan pengambilan keputusan karir dengan strategi experiential learning bagi siswa sekolah menengah pertama / Ahmad Faizal Amir Jauhari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Jauhari Ahmad Faizal Amir. 2016. PengembanganModulLatihanPengambilanKeputusanKarirDenganStrategi Experiential Learning BagiSiswa SMP. Tesis Program StudiBimbingandanKonseling. PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. NurHidayah M.Pd. (2) Dr. M. Ramli M.A. Kata kunci pengambilankeputusankarir experiential learning Siswa SMP Pengambilankeputusankarirmerupakantahap yang akandilaluiolehsiswa. Tahaptersebutdapatterjadikapanpunpadadirisiswadengan motif yang beragamtergantungpadakeadaan yang sedangdihadapisiswa. Keadaandan masa depansiswamemilikibanyakkemungkinan. Untukitupersiapan yang matangperludiberikan agar siswamampudanberhasildalammenghadapikemungkinan-kemungkinantersebut. Salah satupersiapannyaadalahdenganmelakukanlatihanpengambilankeputusankarir. Denganlatihan yang diberikan siswadiharapkanmampumengenalidiridanlingkungan yang bertujuanuntukmenghadapitantanganduniakerja yang semakinkompetitif. Selainhaltersebutsiswamengetahui proses pengambilankeputusankarirjikasiswatidakdapatmenyelesaikansekolahdikarenakanfaktor-faktor lain. Penelitianmengembangkanmoduluntukmelatihpengambilankeputusankarirsiswa agar siapmengambilkeputusankarirdenganmengadopsiSocial Learning Theoryof Career Decision Making (SLTCDM) melaluistrategiexperiential learning. ModuldikembangkandenganmetodepenelitiandanpengembanganadaptasidariBorg Gall (1983) denganmelaluisepuluhlangkahyaitu (1) asesmenkebutuhan (2) perencanaan (3) pengembanganprodukawal (4) ujiahli (5) revisi (6) ujipengguna (7) revisi (8) ujikelompokterbatas dan (9) revisiakhir. Dengan SLTCDM siswamampumengembangkanpotensidiridenganmengetahuidanmemahamifaktor-faktor yang mempengaruhikeputusankarir. Hasilpenelitiandanpengembanganberupamodullatihanpengambilankeputusankarirdenganstrategiexperiential learning yang telahmelewatibeberapatahappenilaian.Berdasarkandarihasilpenilaianahlidanpengguna sertaujikelompokterbatas modulinitelahmemenuhikriteriaketepatan kegunaandankelayakan. Saran bagiGuru BK/Konselordapatmenggunakanmodullatihanpengambilankeputusankarirdenganstrategiexperiential learning bagisiswa SMP sebagaibahan PTK untukmengetahuikeefektivanmoduldalammeningkatkanketerampilanpengambilankeputusankarir.Bagipenelitiselanjutnyadiharapkanmelakukanpengembanganlebihlanjutdanmelakukanujiefektivitasdengansubjek yang berbeda yaitukelas IX untukmengetahuikeefektivanmodullatihanpengambilankeputusankarirdenganstrategiexperiential learning bagisiswa SMP denganmenggunakanPre post test control group design.Modullatihanpengambilankeputusankarirdenganstrategiexperiential learning bagisiswa SMP perludidesiminasikankepada guru BK melalui MGBK di kabupatenBlitar. 8195
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |