Keefektifitan konseling kelompok realita untuk meningkatkan disiplin belajar mahasiswa / Eva Kartika Wulan Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifitan konseling kelompok realita untuk meningkatkan disiplin belajar mahasiswa / Eva Kartika Wulan Sari

Sari, Eva Kartika Wulan (2017) Keefektifitan konseling kelompok realita untuk meningkatkan disiplin belajar mahasiswa / Eva Kartika Wulan Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Eva Kartika Wulan. 2016. Keefektivan Konseling kelompok Realita untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Mahasiswa. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muslihati S.Ag. M.Pd. (II) Dr. M. Ramli M.A. Kata Kunci disiplin belajar konseling kelompok realita prestasi mahasiswa. Di dalam pengelolaan pembelajaran disiplin belajar merupakan suatu masalah penting yang sering dialami oleh mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang. Fenomena yang terjadi inilah yang memerlukan penanganan secara khusus oleh bimbingan dan konseling di Perguruan Tinggi. Sebagai upaya memfasilitasi perkembangan mahasiswa baik secara personal sosial akademik dan karier. Konseling kelompok realita merupakan kegiatan konseling yang menggunakan stategi kelompok yang memfokuskan pada tingkah laku sekarang dan meyakini bahwa konseli memiliki tanggung jawab pribadi untuk memilih setiap tindakannya dalam memenuhi kebutuhan dasar tanpa merugikan diri dan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan konseling kelompok realita untuk meningkatkan disiplin belajar mahasiswa. Desain yang digunakan adalah pre-test post-test control group. Subjek yang diberikan intervensi adalah enam mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang yang memiliki tingkat disiplin belajar rendah berdasarkan pengukuran skala disiplin belajar. Instrumen dalam penelitian ini adalah bahan perlakuan dan skala disiplin belajar. Skala disiplin belajar memiliki nilai validitas butir total dengan nilai R di atas 0 3 dan reliabilitas sebesar 0 969 yang berarti instrumen dapat memberikan hasil pengukuran yang dapat dipercaya dan layak digunakan sebagai alat pengumpul data. Data angka dianalisis menggunakan uji Two Independent-Sample Test-Mann-Withney-U. Hasil analisis data angka menunjukkan bahwa nilai Z_hitung -2 812 dan Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0 005 (0 005 0 05). Dapat disimpulkan hasilnya adalah H_0 ditolak yang artinya konseling kelompok realita efektif untuk meningkatkan disiplin belajar mahasiswa. Dari hasil Pre-Test dan Post-Test menunjukkan bahwa tingkat disiplin belajar mahasiswa yang rendah berubah menjadi tingkat disiplin belajar yang sedang dan tinggi setelah diberikan perlakuan berupa konseling kelompok realita. Saran penelitian sebagai berikut (1) untuk meningkatkan disiplin belajar mahasiswa konselor Universitas Kanjuruhan Malang dapat menggunakan konseling kelompok realita yang mana telah teruji efektif dalam penelitian ini (2) peneliti selanjutnya perlu menindaklanjuti dengan menggunakan populasi yang lebih luas dan dengan menggunakan rancangan penelitian lain yang lebih dalam sehingga mampu melihat perubahan pada diri individu secara lebih menyeluruh penelitian ini perlu ditindaklanjuti terutama pada durasi antar sesi perlu diatur kembali sehingga pengaruh intervensi benar-benar dirasakan oleh konseli. Perlu dilakukan banyak kajian penelitian dan pengembangan baik dengan konseling individual maupun kelompok dengan memperhatikan karakteristik atau latar belakang budaya individu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56874

Actions (login required)

View Item View Item