Keefektifan pelatihan kesadaran emosi untuk meningkatkan konsep diri siswa SMP Assa'adah Bungah Gresik / Mohammad Arif Hidayatullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan pelatihan kesadaran emosi untuk meningkatkan konsep diri siswa SMP Assa'adah Bungah Gresik / Mohammad Arif Hidayatullah

Hidayatullah, Mohammad Arif (2017) Keefektifan pelatihan kesadaran emosi untuk meningkatkan konsep diri siswa SMP Assa'adah Bungah Gresik / Mohammad Arif Hidayatullah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayatullah Muhammad Arif. 2016. Keefektifan Pelatihan Kesadaran Emosi untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa SMP Assa adah Bungah Gresik. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. M. Ramli M.A. (2) Dr. Triyono M.Pd. Kata kunci pelatihan kesadaran emosi konsep diri siswa SMP Penelitian ini berdasarkan pada kenyataan bahwa banyak siswa SMP Assa adah Bungah Gresik yang kurang bersemangat dalam kegiatan belajar karena kurang memahami konsep diri. Padahal siswa SMP Assa adah memiliki prestasi yang baik semasa duduk di bangku SD/MI. Pelatihan kesadaran emosi berfungsi untuk mengalihkan orientasi dan memberikan pandangan yang positif sehingga menggugah konsep diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsep diri siswa melalui pelatihan kesadaran emosi. Rancangan penelitian ini menggunakan pre-eksperimen one group pretest posttest design. di mana sekelompok subjek penelitian sebelum diberikan perlakuan (treatment) dilakukan pengukuran konsep diri siswa dan setelah diberikan perlakuan berupa pelatihan kesadaran emosi sebanyak 8 kali. Kemudian dilakukan pengukuran konsep diri siswa dengan menggunakan skala konsep diri. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP Assa adah Bungah Gresik jumlah 105 siswa dari 4 kelas. Adapun sampel penelitian adalah 50% (54 siswa) dari setiap kelas dengan menggunakan teknik random sampling . Analisis datanya menggunakan uji paired sampel t-test. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa nilai thitung yaitu -24 252 dan Sig (2-tailed) 0 000

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56873

Actions (login required)

View Item View Item