Keefektifan teknik swakelola untuk mengurangi prokrastinasi akademik disfungsional siswa MAN Mojosari Mojokerto / Dimas Ardika Miftah Farid - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik swakelola untuk mengurangi prokrastinasi akademik disfungsional siswa MAN Mojosari Mojokerto / Dimas Ardika Miftah Farid

Farid, Dimas Ardika Miftah (2017) Keefektifan teknik swakelola untuk mengurangi prokrastinasi akademik disfungsional siswa MAN Mojosari Mojokerto / Dimas Ardika Miftah Farid. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Farid Dimas Ardika Miftah. 2016. Keefektifan Teknik Swakelola untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Disfungsional Siswa MAN Mojosari Mojokerto. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Triyono M.Pd. (2) Dr. M. Ramli M.A. Kata kunci teknik swakelola prokrastinasi akademik disfungsional siswa MAN Penelitian ini berdasarkan pada fenomena siswa MAN Mojosari Mojokerto yang berperilaku prokrastinasi akademik disfungsional. Perilaku tersebut memerlukan bantuan konseling melalui pendekatan konseling yang sesuai yakni konseling kelompok dengan teknik swakelola. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi prokrastinasi akademik disfungsional melalui konseling kelompok dengan teknik swakelola. Penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design. Berdasarkan hasil pengukuran skala prokrastinasi akademik disfungsional terdapat delapan siswa yang mengalami prokrastinasi tinggi sisanya dalam kategori sedang dan rendah. Subjek penelitian ini adalah 14 siswa yang dibagi secara random dengan jumlah seimbang yaitu 7 siswa pada kelompok eksperimen dan 7 siswa pada kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan perlakuan dan pengukuran. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa nilai Zhitung yaitu -3.130 dan Asymp. Sig (2-tailed) 0.002 0.05 maka H0 ditolak. Artinya konseling kelompok dengan teknik swakelola efektif untuk mengurangi prokrastinasi akademik disfungsional siswa MAN Mojosari Mojokerto. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang diajukan adalah (1) Agar pelaksanaan pelatihan swakelola dapat terlaksana sesuai yang dirancang dalam panduan swakelola untuk siswa MAN Mojosari maka seorang konselor MAN Mojosari harus memiliki keterampilan mengelola diri sendiri yang baik (2) Konselor sekolah perlu memberikan motivasi kepada siswa untuk terus berlatih menggunakan teknik swakelola yang telah dilatihkan dalam pembelajaran sehari-hari (3) Bagi peneliti selanjutnya teknik swakelola perlu dikembangkan pada jenis aspek perilaku yang berbeda dari prokrastinasi akademik disfungsional sehingga teknik swakelola lebih meluas dan (4) Siswa diharapkan mempraktekkan teknik swakelola sesuai dengan langkah-langkah di dalam buku panduan sehingga penerapan dalam pengurangan prokrastinasi akademik disfungsional dapat berjalan maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56871

Actions (login required)

View Item View Item