Pengaruh penerapan konseling kelompok dengan menggunakan EFT (Emotional Freedom Technique) terhadap tingkat kecemasan siswa MTsN Mojosari menghadapi ujian masuk sekolah lanjutan / Charis Rizqi Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan konseling kelompok dengan menggunakan EFT (Emotional Freedom Technique) terhadap tingkat kecemasan siswa MTsN Mojosari menghadapi ujian masuk sekolah lanjutan / Charis Rizqi Pradana

Pradana, Charis Rizqi (2017) Pengaruh penerapan konseling kelompok dengan menggunakan EFT (Emotional Freedom Technique) terhadap tingkat kecemasan siswa MTsN Mojosari menghadapi ujian masuk sekolah lanjutan / Charis Rizqi Pradana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rizqi Charis. 2016. Pengaruh penerapan konseling kelompok dengan menggunakan EFT (Emotional Freedom Technique ) terhadap tingkat kecemasan siswa MTsN Mojosari menghadapi ujian masuk sekolah lanjutan. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Muslihati S.Ag. M.Pd. (II) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed Kata kunci konseling kelompok EFT ( Emotional Freedom Technique ) kecemasan. Penelitian ini berdasarkan pada fenomena yang mengindikasikan bahwa adanya peningkatan tingkat kecemasan yang dialami oleh siswa MTsN dalam menghadapi tes masuk sekolah lanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh dari penggunaan konseling kelompok dengan menggunakan EFT (Emotional Freedom Technique). Untuk mengurangi tingkat kecemasan yang dialami oleh siswa MTsN dalam menghadapi ujian masuk sekolah lanjutan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest group control design. Subjek penelitian ini sebanyak 12 siswa MTsN Mojosari yang mengalami kecemasan dalam kategori tinggi. Kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu 6 siswa di kelompok eksperimen dan 6 siswa di kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan dengan 6 kali pertemuan. Ada dua jenis instrumen yang dipakai dalam penelitian ini yaitu instrumen bahan perlakuan dan instrumen pengumpul data. Instrumen bahan perlakuan terdiri dari skenario pelatihan yang dilakukan pada kelompok eksperimen dan instrumen pengumpul data dengan menggunakan instrumen DASS (Depression Anxiety and Stress Scale) sebagai tolak ukur kecemasan yang dialami siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini didasarkan pada analisis statistik The Mann-Withney U Test dengan nilai diperoleh nilai z sebesar -2 887 dan angka Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0 005 maka 0 005/2 0 0025. Karena nilai Asymp. Sig. (2-tailed) taraf nyata ( 945 /2 0 05) maka hal ini berarti terdapat perbedaan tingkat kecemasan yang dialami oleh kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dan diketahui diketahui nilai mean kelompok eksperimen 3 50 lebih kecil daripada mean kelompok kontrol 9 50 berarti tingkat kecemasan yang dialami oleh kelompok eksperimen lebih rendah daripada kelompok kontrol. Hasil analisis menunjukkan ke enam anggota kelompok eksperimen mengalami tingkat kecemasan yang lebih rendah dalam menghadapi ujian tes masuk sekolah lanjutan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Saran penelitian 1) bagi konselor sekolah konselor dapat memanfaatkan konseling kelompok dengan menggunakan EFT (Emotional Freedom Technique) sebagai usaha untuk mengurangi kecemasan yang dialami siswa dalam menghadapi ujian tes masuk sekolah lanjutan. 2)Peneliti selanjutnya hendaknya lebih memperluas penelitian yang akan dilakukannya dengan mengambil subjek penelitian siswa yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan siswa MTs yaitu siswa pada jenjang pendidikan SD maupun SMA atau perguruan tinggi serta tidak hanya di MTsN Mojosari tapi juga bisa diperluas untuk wilayah Mojokerto Jawa Timur maupun Indonesia. 3) Bagi peneliti lanjutan disarankan untuk menggunakan tidak bertumpu pada hasil pre-test dan post test dengan satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol tapi menggunakan dua atau lebih grup eksperimen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56869

Actions (login required)

View Item View Item