Efektifitas konseling ringkas berfokus solusi untuk meningkat kan tanggung jawab belajar siswa SMP / Fakhrudin Mutakin - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas konseling ringkas berfokus solusi untuk meningkat kan tanggung jawab belajar siswa SMP / Fakhrudin Mutakin

Mutakin, Fakhrudin (2017) Efektifitas konseling ringkas berfokus solusi untuk meningkat kan tanggung jawab belajar siswa SMP / Fakhrudin Mutakin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mutakin Fakhrudin. 2016. Efektifitas Konseling Ringkas Berfokus Solusi Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa SMP. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah M.Pd. (II) Dr. M. Ramli M.A. Kata kunci konseling ringkas berfokus solusi tanggung jawab belajar siswa Pendidikan nasional memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia sehat berilmu cakap kreatif mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Salah satu potensi peserta didik yang sangat penting dalam pembentukan karakter adalah tanggung jawab dalam belajar. Namun realita di lapangan menunjukkan adanya siswa yang menyontek minat baca yang kurang tidak bisa membagi waktu antara belajar dan hobi serta lebih sering bermain game daripada belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa SMP yang masih rendah melalui pendekatan konseling ringkas berfokus solusi. Tanggung jawab belajar yang rendah pada siswa di sekolah perlu ditingkatkan supaya tidak berakibat pada menurunnya hasil belajar siswa dan tercapainya perkembangan potensi dengan baik. Melalui pendekatan konseling ringkas berfokus solusi diharapkan mampu meningkatkan tanggung jawab belajar siswa karena pendekatan ini menggunakan teknik-teknik khas/khusus dalam pelaksanaannya dibandingkan dengan pendekatan yang lain serta memberdayakan konseli sebagai individu yang ahli dalam merumuskan tujuan yang ingin dicapainya. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen dengan desain subjek tunggal (single subject). Subjek penelitian sejumlah 6 orang siswa kelas VIII SMPN 1 Sumenep yang dipilih berdasarkan penjaringan skala tanggung jawab belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) skala tanggung jawab belajar pedoman observasi serta pedoman wawancara dan (2) bahan perlakuan teknik konseling ringkas berfokus solusi untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa SMP. Hasil analisis data uji statistik non parametik menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0 027 lebih kecil dari 0 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat diartikan bahwa konseling ringkas berfokus solusi efektif meningkatkan tanggung jawab belajar siswa SMP. Saran dari penelitian ini adalah (1) konselor hendaknya menggunakan pendekatan konseling ringkas berfokus solusi dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa dan (2) penelitian selanjutnya diharapkan mampu memberikan pendekatan ini kepada siswa dijenjang pendidikan yang berbeda seperti SMA MA dan SMK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56868

Actions (login required)

View Item View Item