Tri, Cahyono (2017) Pengembangan paket pelatihan kemandirian belajar dengan stretegi individual learning plan bagi siswa SMP / Tri Cahyono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Cahyono Tri. 2016. Pengembangan Paket Pelatihan Kemandirian Belajar Dengan Strategi Individual Learning Plan Bagi Siswa SMP. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof.Dr. Nur Hidayah M.Pd. (2) Dr. Muslihati M. Pd. Kata kunci kemandirian belajar individual learning plan siswa SMP. Kemandirian belajar (self-directed learning) adalah salah satu faktor yang paling mempengaruhi prestasi belajar siswa. Pengelolaan belajar yang didasarkan pada inisiatif sendiri memungkinkan siswa untuk belajar sesuai minat dan kemampuannya tanpa adanya paksaan dari pihak lain. Pengelolaan belajar yang baik akan berdampak signifikan bagi peningkatan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan paket pelatihan kemandirian belajar dengan strategi individual learning plan bagi siswa SMP. Pengembangan paket pelatihan ini menggunakan model penelitian pengembangan Borg Gall (1983) melalui sepuluh langkah diantaranya (1) research and information collecting (2) planning (3) develop preliminary from of product (4) preliminary field testing (5) main product revision (6) main field testing (7) operasional product revision (8) operasional field testing (9) final product revision and (10) dissemination. Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berupa paket pelatihan kemandirian belajar dengan strategi individual learning plan untuk siswa SMP yang terdiri dari panduan pelatihan bagi konselor dan lembar kerja pelatihan bagi siswa. Pada paket pelatihan ini strategi individual learning plan digunakan sebagai media dalam melatih kemandirian belajar siswa SMP. Hal utama yang menjadi fokus dalam pelatihan ini adalah menumbuhkan inisiatif belajar siswa membiasakan siswa proaktif dalam belajar dan membentuk perilaku bertanggung jawab siswa terhadap kewajiban belajarnya. Berdasarkan hasil penilaian ahli pengguna dan uji kelompok terbatas paket pelatihan yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini telah memenuhi kriteria kelayakan dan keberterimaan. Pada penelitian selanjutnya perlu diadakan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan paket pelatihan terutama pada subjek yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56867 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |