Penerapan teknik klarifikasi nilai dan dialog socratic dalam peningkatan efikasi diri karier siswa Sekolah Menengah Kejuruan / Renggo Asih Widarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teknik klarifikasi nilai dan dialog socratic dalam peningkatan efikasi diri karier siswa Sekolah Menengah Kejuruan / Renggo Asih Widarti

Widarti, Renggo Asih (2017) Penerapan teknik klarifikasi nilai dan dialog socratic dalam peningkatan efikasi diri karier siswa Sekolah Menengah Kejuruan / Renggo Asih Widarti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widarti Renggo Asih. 2016. Penerapan Teknik Klarifikasi Nilai dan Dialog Socratic dalam Peningkatan Efikasi Diri Karier Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Andi Mappiare-AT. M.Pd. (II) Dr. Triyono M.Pd. Kata kunci klarifikasi nilai dialog socratic efikasi diri karier Teknik konseling yang dapat digunakan dalam peningkatan efikasi diri karier adalah teknik klarifikasi nilai dan dialog socratic. Rendahnya efikasi diri karier merupakan permasaahan serius bagi para siswa dalam kemantapan pengambilan keputusan karier. Efikasi diri karier merupakan keyakinan seseorang untuk melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pilihan karier sebagai faktor penting yang dimiliki siswa dalam pengambilan keputusan karier. Tujuan penelitian ini adalah (1) memperoleh deskripsi peningkatan efikasi diri karier dalam penerapan teknik klarifikasi nilai (2) memperoleh deskripsi peningkatan efikasi diri karier dalam penerapan teknik dialog socratic dan (3) memperoleh perbedaan peningkatan efikasi diri karier dalam penerapan intervensi teknik klarifikasi nilai dan dialog socratic. Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan pretest-posttest two treatment designs. Teknik klarifikasi nilai sebagai kelompok eksperimen I dan teknik dialog socratic sebagai kelompok eksperimen II. Setiap kelompok eksperimen memiliki tingkat efikasi karier rendah. Instrumen yang digunakan adalah skala efikasi diri karier panduan konseling teknik klarifikasi nilai dan dialog socratic. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji peningkatan efikasi diri karier siswa SMK yang diintervensi dengan teknik klarifikasi nilai maupun dialog socratic adalah analisis nonparametrik The Wilcoxon Matched-pairs Signed-ranks Test dan untuk menguji hipotesis penelitian ini digunakan analisis The Mann-Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri karier meningkat tidak signifikan dalam penerapan intervensi teknik klarifikasi nilai. Efikasi diri karier meningkat signifikan dalam penerapan intervensi teknik dialog socratic. Jika dibedakan maka efikasi diri karier meningkat lebih signifikan dalam penerapan intervensi teknik dialog socratic daripada teknik klarifikasi nilai. Kesimpulannya ada perbedaan efikasi diri karier yang diintervensi dengan teknik klarifikasi nilai dan dialog socratic. Saran penelitian (1) bagi konselor perlu menerapkan teknik dialog socratic untuk meningkatkan efikasi diri karier (2) peneliti selanjutnya sebaiknya menerapkan teknik dialog socratic untuk meningkatkan efikasi diri karier.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56866

Actions (login required)

View Item View Item