Keefektivan pemodelan sebaya untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Ora Gorez Uke - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektivan pemodelan sebaya untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Ora Gorez Uke

Uke, Ora Gorez (2017) Keefektivan pemodelan sebaya untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Ora Gorez Uke. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Uke Ora Gorez. 2016. Keefektivan Pemodelan Sebaya Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. M. Ramli M.A. (II) Dr. Triyono M.Pd Kata Kunci Perilaku prokrastinasi akademik pemodelan sebaya Prokrastinasi akademik adalah perilaku menunda-nunda menyelesaikan dan mengerjakan tugas akademik sekolah. Penundaan dalam mengerjakan tugas akademik menjadi masalah yang terjadi di kalangan siswa. Siswa cenderung menggunakan waktu-waktu luang untuk kegiatan yang lebih menyenangkan bersama teman dan cenderung menunda-nunda dalam mengerjakan tugas sekolah. Salah satu strategi untuk mengurangi prokrastinasi akademik dikalangan pelajar SMK adalah menggunakan teknik pemodelan sebaya. Keefektivan teknik pemodelan sebaya diperlukan agar konseli mendapatkan manfaat yang lebih dalam dan luas. Pemodelan sebaya dilakukan oleh teman sebaya bertugas sebagai model sebaya. Teman sebaya merupakan salah satu pihak pertama yang dianggap paling tepat bagi siswa untuk mencurahkan permasalahannya dengan terbuka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik pemodelan sebaya untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa. Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan one-group pre-test - post-test design. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian 10 siswa pada kelas XI yang terdiri dari 2 siswa sebagai model sebaya dan 8 siswa sebagai konseli/anggota yang mengalami perilaku prokrastinasi akademik tinggi. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji keefektivan intervensi konseling kelompok behavioral dengan teknik pemodelan sebaya adalah analisis nonparametric The Wilcoxon Matched-pairs Signed-ranks. Hasil penelitian Keefektivan pemodelan sebaya untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik dibuktikan dengan perolehan nilai Z sebesar 2 805 dan Asymp. Sign. (2 61485 tailed) sebesar 0 005 maka 0 005/2 0 0025. Didapat probabilitas dibawah 0 05 (0 0025 0 05). Maka H_0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik pemodelan sebaya efektif untuk mengurangi perilaku prokrastinasi siswa. Saran penelitian (1)Bagi konselor (a)hendaknya perlu melakukan identifikasi mengenai masalah perilaku prokrastinasi akademik yang terjadi pada siswa di sekolah. (b)hendaknya dapat membantu mungurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa melalui intervensi konseling kelompok maupun individu dengan teknik pemodelan sebaya. (2)Bagi peneliti selanjutnya (a)hendaknya lebih memperluas penelitian yang akan dilakukannya dengan mengambil subjek penelitian siswa yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan siswa SMK yaitu siswa pada jenjang pendidikan SD maupun SMP atau perguruan tinggi karena pelaku prokrastinasi sudah merajalela di kalangan masyarakat Indonesia (b)hendaknya dapat meneliti dengan menggunakan teknik pemodelan sebaya dalam konseling lain seperti Cognitive Behavioral Therapy (CBT) baik secara individu maupun kelompok.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56865

Actions (login required)

View Item View Item