Model teoritik prestasi akademik siswa SMP Negeri Kota Malang / Shophia Terry Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Model teoritik prestasi akademik siswa SMP Negeri Kota Malang / Shophia Terry Kurniawati

Kurniawati, Shophia Terry (2017) Model teoritik prestasi akademik siswa SMP Negeri Kota Malang / Shophia Terry Kurniawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati Shophia Terry. 2016. Penelitian Model TeoritikPrestasiAkademikSiswa SMPN Kota Malang.Tesis.Program StudiBimbingandanKonseling Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr.Dany M. Handarini M.A. (II) Dr. Carolina L. Radjah M.Kes Kata kunci motivasiberprestasi konsepdiriakademik kemampuanmengambilperspektif orang lain keterampilanberpikir lateral prestasiakademik. Pelayananbimbingandankonseling yang dilaksanakanolehkonselor di sekolahsangatpenting.Layananbimbingansecarasignifikanberpengaruhterhadapsikapbelajar kebiasaanbelajar danprestasiakademiksiswasekolahmenengah.Peran bimbingandankonseling di sekolahdiharapkandapatmembantusiswa yang mengalamikesulitandalamberbagaisegikehidupan agar dapatmencapaiprestasiakademik yang maksimal.Pengembanganprestasiakademiksiswamerupakansuatuhal yang tidakdapatdiabaikanolehkonselor. Penelitianinibertujuanmengujisecaraempirismodel teoritikprestasiakademiksiswa SMP NegeriKota Malang yang telahdibangun.PenelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifdenganmenggunakanrancanganNon-experimental Research.Sedangkan ditinjaudarihubunganantarvariabelmerupakanCausal Relationship Explanatory Study.TeknikCluster Random Sampling digunakan untuk mengumpulkansampelsebanyak 393 siswa(183 laki-lakidan 210 perempuan) dari SMP NegeriKota Malang. Datadianalisis dengan analisisjalur. Data dikumpulkandenganskalamotivasiberprestasi konsepdiriakademik kemampuanmengambilperspektif orang lain keterampilanberpikir lateral.Prestasiakademikdiperolehdarinilaiujiantengah semester pertamakelas VII VIII dan IX tahunpelajaran 2016/2017. NilaiAlphaCronbachmasing-masingvariabel adalah 0 824 (konsepdiriakademik) 0 743 (kemampuanmengambilperspektif orang lain) 0 895 (motivasiberprestasi) 0 809 (keterampilanberpikir lateral) berartisemuainstrumenreliabelkarenanilai alpha Cronbach yang dimiliki 0 70.Hasilujihipotesismenunjukkanbahwakonsepdiriakademikberpengaruhterhadapmotivasiberprestasi.Selanjutnyamotivasiberprestasi konsepdiriakademik kemampuanmengambilperspektif orang lain danketerampilanberpikir lateral berpengaruhterhadapprestasiakademik. Hasil penelitian ini disarankan kepada (1) peneliti selanjutnya sebagai rujukandalam mengujiefektivitasmodel untuk mengintervensi faktor-faktor non kognitif yang menjadi prediktor pencapaian prestasi akademik optimal. (2)konselordapatmelakukanupayauntukmengembangkanStudent Succes Skills (keterampilan yang membantusiswasukses) karenahasilpenelitianinidapatdijadikansebagaiacuanuntukmelakukanintervensisehinggaakanmenghasilkanperbaikanterhadapluaranakademikseluruhsiswa. (3) Lembaga pendidikan bahwa hasil penelitian ini dapat memperkaya hasil penelitian sebelumnya dalam bidang bimbingan dan konseling

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56863

Actions (login required)

View Item View Item