Maulana, Puji (2016) Pengembangan panduan motivasi diri dengan media wayang untuk siswa SMP / Puji Maulana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maulana Puji. 2016. Pengembangan Panduan Motivasi Diri Dengan Media Wayang Untuk Siswa SMP.Tesis. Jurusan Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Marthen Pali. M. Psi. (II) Dr. Dany. M. Handarini MA. Kata Kunci Motivasi diri Media wayang Kebutuhan berkompetensi dan Kebutuhan berkompetisi. Masa remaja merupakan sebuah periode dalam kehidupan manusia yang batasan usia maupun peranannya sering kali tidak terlalu jelas. Konselor bisa membantu pengembangan diri siswa di sekolah. Untuk mencapai hal itu diperlukan motivasi diri yang tinggi pada diri siswa dengan motivasi diri yang tinggi diharapkan siswa akan memiliki prestasi akademik yang tinggi juga. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memudahkan dalam proses bimbingan kelompok adalah dengan membuat buku panduan pelatihan motivasi diri dengan media wayang untuk siswa SMP. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan panduan yang akseptabel memenuhi kriteria ketepatan kegunaan dan keterlaksanaan. Uji coba produk dilakukan oleh ahli Bimbingan dan Konseling ahli ilmu pendidikan ahli pendidikan bahasa dan pengguna produk (konselor). Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian pengembangan. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa tahapan antara lain (1) Persiapan meliputi asesmen kebutuhan penentuan tujuan (2) Pelaksanaan meliputi penyusunan draf produk (3) uji coba produk meliputi uji ahli dan uji calon pengguna produk (konselor). Hasil penelitian adalah (1) Secara umum berdasarkan data kuantitatif dan kualitatif uji ahli dan calon pengguna produk menunjukan bahwa panduan pelatihan motivasi diri dengan media wayang telah memenuhi aspek keberterimaan. (2) Berdasarkan data kuantitatif dan kualitatif pengguna produk menunjukkan bahwa panduan pelatihan motivasi diri dengan media wayang telah memenuhi aspek keberterimaan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan maka saran yang dapat diberikan adalah (1) Konselor dapat menggunakan panduan pelatihan motivasi diri dengan media wayang ini kepada siswa melalui tindakan bimbingan dan menyesuaikan dengan kondisi kelas (2) Peneliti selanjutnya perlu menguji cobakan produk pada subjek pengguna produk (siswa) dan (3) Peneliti selanjutnya dapat menguji keefektifan panduan pelatihan motivasi diri dengan media wayang ini dengan rancangan penelitian eksperimen.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56859 |
Actions (login required)
View Item |