Latifah, Leny (2016) Pengembangan buku panduan pelatihan penyesuaian diri di lingkungan kerja menggunakan metode structured learning approach (SLA) bagi siswa SMK / Leny Latifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Latifah Leny. 2016. Pengembangan Buku Panduan Pelatihan Penyesuaian Diri di Lingkungan Kerja Menggunakan Metode Structured Learning Approach (SLA) Bagi Siswa SMK. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Adi Atmoko M.Si. (II) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. Kata kunci Panduan pelatihan penyesuaian diri di lingkungan kerja Structured Learning Approach (SLA) Tuntutan organisasi terhadap tenaga kerja yang semakin hari semakin tinggi membuat siswa SMK harus menyesuaikan diri terhadap situasi perubahan. Tujuan penelitian pengembangan ini menghasilkan buku panduan pelatihan penyesuaian diri di lingkungan kerja bagi konselor dan siswa. Penelitian mengadaptasi rancangan pengembangan Borg Gall (1983) dan Dick Carey (1990) yang meliputi (1) an lisis kebutuhan (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) perancangan dan pelaksanaan evaluasi formatif serta (5) revisi produk akhir. Sedangkan uji efektifitas dilakukan dengan one group pretest posttest. Subjek penelitian yaitu 11 siswa SMK PGRI Pakisaji Malang kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran. Instrumen menggunakan skala penyesuaian diri di lingkungan kerja dengan validitas butir 8805 0 3 dan reliabilitas alpha Cronbach 0 882. Hasil penelitian (1) buku panduan pelatihan penyesuaian diri di lingkungan kerja yang dikembangkan telah memenuhi kriteria akseptabilitas dari uji ahli dan (2) telah efektif meningkatkan penyesuaian diri siswa di lingkungan kerja. Saran (1) konselor perlu memberikan pelatihan penyesuaian diri di lingkungan kerja terhadap siswa sebagai layanan responsif dan preventif dengan melakukan evaluasi serta supervisi (2) pihak sekolah perlu mendukung program pelatihan penyesuaian diri di lingkungan kerja dengan menyediakan fasilitas yang memadai dan (3) peneliti selanjutnya dapat memperluas subjek penelitian terhadap siswa SMA karena terdapat siswa SMA yang memilih bekerja setelah lulus.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56858 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |