Manik, Resmin (2016) Konsep diri akademik dan motivasi akademik siswa SMP Kabupaten Merauke: studi fenomenologi / Resmin Manik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Manik Resmin. 2016. Studi Fenomenologi Konsep Diri Akademik dan Motivasi Akademik Siswa SMP di Kabupaten Merauke. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Carolina L. Radjah M. Kes (II) Dr. Triyono M.Pd. Kata Kunci Konsep diri akademik Motivasi akademik. Konsep diri akademik dan motivasi akademik merupakan dua komponen penting dalam mencapai prestasi akademik yang lebih baik. Fokus penelitian ini adalah bagaimana konsep diri akademik dan motivasi akademik dapat meningkatkan prestasi akademik dengan sub fokus (1) bagaimanakah konsep diri akademik dapat meningkatkan prestasi akademik (2) bagaimanakah motivasi akademik dapat meningkatkan prestasi akademik (3) bagaimanakah konsep diri akademik dapat memotivasi siswa dalam mencapai prestasi akademik. Metode penelitian penelitian ini menggunakan kualitatif dengan rancangan fenomenologi yakni peneliti menceburkan diri dalam kehidupan informan untuk menemukan fakta fokus penelitian. Informan kunci dalam penelitian ini adalah 15 siswa kelas VII dan VIII SMP YPPK Santo Mikael Merauke. Teknik pemilihan subyek secara snowballing. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis fenomenologi. Hasil analisis data berupa temuan proposisi setelah mengkonstruk dari kode temuan. Selanjutnya peneliti menyimpulkan hasil interpretasi dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep diri akadmik siswa SMP YPPK Santo Mikael belum terkonstruksikan dengan baik yang disebabkan oleh adanya stimulant negatif berupa tindakan yang tidak memungkinkan mereka memiliki perasaan senang dan nyaman untuk bersekolah belajar mengerjakan tugas serta memiliki rasa bangga terhadap hasil belajar yang diraih. (2) motivasi akademik siswa SMP YPPK Santo Mikael belum terkonstruksikan dengan baik disebabkan oleh adanya intervensi negatif berupa minimnya waktu yang digunakan untuk belajar minimnya dukungan dari keluarga lemahnya kemampuan ekonomi keluarga minimnya fasilitas belajar serta diterapkannya metode belajar yang tidak memungkinkan siswa berpatisipasi aktif dalam pembelajaran oleh guru dan (3) jika konsep diri akademik terbentuk dengan baik maka siswa memperoleh rasa nyaman dan senang belajar sehingga motivasi akademik semakin terkonstruksikan dengan baik. Saran sehubungan dengan belum terkonstruksikannya konsep diri akademik dan motivasi akademik siswa SMP YPPK Santo Mikael Merauke maka dipandang perlu untuk menghadirkan (1) konsep pendidikan berpola asrama yang mengedepankan perkembangan fisik rohani intelektual dan karakter melalui pendampingan dan pengawasan secara intensif dan terencana (2) pendidikan humanis berlandaskan cinta kasih dan (3) hasil temuan peneliti menjadi data awal bagi peneliti selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56857 |
Actions (login required)
View Item |