Keefektifan konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk meningkatkan percaya diri siswa Sekolah Menengah Pertama / Devi Eryanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk meningkatkan percaya diri siswa Sekolah Menengah Pertama / Devi Eryanti

Eryanti, Devi (2016) Keefektifan konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk meningkatkan percaya diri siswa Sekolah Menengah Pertama / Devi Eryanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Eryanti Devi 2015. Keefektifan Konseling Kelompok Ringkas Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa SMP. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. (I) Dr. M. Ramli M. A. (II) Dr. Blasius Boli Lasan M. Pd. Kata kunci konseling kelompok ringkas berfokus solusi percaya diri sekolah menengah pertama Percaya diri dibutuhkan oleh setiap individu termasuk remaja. Rasa percaya diri yang dimiliki remaja akan mempengaruhi pengembangan potensi yang dimilikinya apabila remaja tersebut memiliki rasa percaya diri yang rendah maka potensi yang ada didalam dirinya akan terhambat. Jika remaja memiliki kepercayaan diri yang tinggi maka potensi didalam diri remaja tersebut dapat tereksplorasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk meningkatkan percaya diri siswa SMP Negeri 5 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen murni. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest and posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah 12 orang siswa yang memiliki percaya diri sangat rendah dan rendah. Data diperoleh dari hasil pretest skala percaya diri. Analisis data yang digunakan adalah uji beda Wilcoxon dan uji Two-Independent-Sample Test-Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok ringkas berfokus solusi efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa SMP. Terlihat dari hasil analisis mean skor posttest dari kelompok eksperimen yang lebih besar daripada mean skor posttest kelompok kontrol yakni 9 50 3 50. Selanjutnya dilihat dari output Test Statistics menunjukkan bahwa asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0 004 atau probabilitas di bawah 0 05 (0 004 0 05). Saran penelitian hendaknya (1) konselor menggunakan konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk membantu konseli meningkatkan percaya diri dan (2) peneliti selanjutnya melakukan penelitian dengan melibatkan subjek yang lebih banyak sehingga diperoleh generalisasi yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56850

Actions (login required)

View Item View Item