Kontribusi disiplin diri, motivasi berprestasi, efikasi diri akademik terhadap hasil belajar matematika siswa SMP di Kertosono serta implikasi dalam layanan bimbingan dan konseling / Sa'adatul Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi disiplin diri, motivasi berprestasi, efikasi diri akademik terhadap hasil belajar matematika siswa SMP di Kertosono serta implikasi dalam layanan bimbingan dan konseling / Sa'adatul Hasanah

Hasanah, Sa'adatul (2016) Kontribusi disiplin diri, motivasi berprestasi, efikasi diri akademik terhadap hasil belajar matematika siswa SMP di Kertosono serta implikasi dalam layanan bimbingan dan konseling / Sa'adatul Hasanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasanah Sa adatul. 2015. Kontribusi Disiplin Diri Motivasi Berprestasi Efikasi Diri Akademik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP di Kertosono serta Implikasi dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Tesis Program Studi Bimbingan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si M.Ed. (II)Dr. Triyono M.Pd. Pembimbing Kata kunci disiplin diri motivasi berprestasi efikasi diri akademik dan hasil belajar matematika Hasil belajar matematika seorang siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai aspek diantaranya seperti disiplin diri motivasi berprestasi dan efikasi diri akademik. Siswa yang memiliki disiplin diri motivasi berprestasi dan efikasi diri akademik yang tinggi memungkinkan memiliki hasil belajar yang tinggi pula dan sebaliknya jika siswa memiliki disiplin diri motivasi berprestasi dan efikasi diri akademik yang rendah maka hasil belajar yang dimiliki juga rendah. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi disiplin diri motivasi berprestasi dan efikasi diri akademik terhadap hasil belajar matematika di SMP Negeri Kertosono serta implikasinya dalam layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan metode korelasi untuk melihat hubungan diantara variabel yang diteliti dengan mengggunakan analisis korelasi dan juga regresi berganda. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri Kertosono. Sampel penelitian ini adalah siswa yang berada di kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak 286. Data dikumpulkan menggunakan skala disiplin diri motivasi berprestasi dan efikasi diri akademik sedangkan hasil belajar matematika dilihat dari nilai UTS. Adapun skala tersebut didapatkan berdasarkan hasil pengembangan yang dilakukan peneliti dan dilanjutkan uji validitas dan reliabilitas. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi produk moment dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin diri dan hasil belajar matematika terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dan hasil belajar matematika serta terdapat hubungan antara efikasi diri akademik dan hasil belajar matematika. Sedangkan hasil uji regresi berganda menunjukkan terdapat kontribusi yang positif disiplin diri motivasi berprestasi efikasi diri akademik terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMP Negeri Kertosono. Berdasarkan hasil penelitian ini konselor hendaknya meningkatkan hasil belajar matematika melalui disiplin diri motivasi berprestasi dan efikasi diri akademik. Jika diketahui siswa memiliki tingkat disiplin diri motivasi berprestasi dan efikasi diri akademik yang rendah maka diperlukan memberikan perlakuan khusus seperti memberikan konseling. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya diharapkan meneliti faktor-faktor internal dan eksternal yang lain secara komprehensif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56842

Actions (login required)

View Item View Item