Pengaruh teknik bahan bacaan imajinatif dan bacaan bantu (how to) dalam konseling kelompok REB untuk meningkatkan kecakapan kelola emosi siswa MTs / Siti Munawaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh teknik bahan bacaan imajinatif dan bacaan bantu (how to) dalam konseling kelompok REB untuk meningkatkan kecakapan kelola emosi siswa MTs / Siti Munawaroh

Munawaroh, Siti (2016) Pengaruh teknik bahan bacaan imajinatif dan bacaan bantu (how to) dalam konseling kelompok REB untuk meningkatkan kecakapan kelola emosi siswa MTs / Siti Munawaroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Munawaroh Siti 2015 PengaruhTeknikBahanBacaanImajinatifdanBacaan Bantu (how to)dalamKonselingKelompokREB untukMeningkatkanKecakapanKelolaEmosiSiswa MTs Tesis Program StudiBimbingandanKonseling.PascasarjanaUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr.AdiAtmoko M.Si (II) Dr.AndiMappiare-AT. M.Pd. Kata kunci teknikbahanbacaan konselingkelompokREB kelolaemosi siswa MTs Emosi yang tidakdapatdikeloladenganbaikakanditunjukkandenganperilaku yang adaptifsehinggabisamenggangguataumerugikan orang lain. Emosinegatifmunculkarenakeyakinanberfikir yang salahterhadapsuatuhalataudalammemandanglingkungannya. Penelitianinibertujuanmengetahuipeningkatankecakapankelolaemosisiswa MTsdenganteknikbahanbacaanimajinatifdanbacaanbantu (how to)dalamkonselingkelompokREB. Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimenpretest and posttest control group. BerdasarkanhasilpengukuranSkalaKelolaEmosi (SKE) terjaringsepuluhsiswa yang teridentifikasisebagaisubjekdengankecakapankelolaemosirendah.Pemilihansubjekkelompokeksperimendankelompokkontroldilakukansecaraacak.Ada duainstrumen yang digunakanyaituSkalaKelolaEmosi (SKE) danintake interview.Hasilujivaliditasdanreliabilitas SKE diperoleh alpha 0 0961 0 005 danintake interviewdianalisisdenganujivaliditasisi.Data dianalisisdenganmenggunakanduateknik yaituThe Mann-Withney U TestdanThe Wilcoxon Matched-pairs Signed-ranks Testdanhasilintake interviewdianalisisdenganmereviewdanekplorasi data. Kesimpulanpenelitianiniadalah (1) BacaanimajinatifdalamkonselingkelompokREBberpengaruhuntukmeningkatkankecakapankelolaemosirendah (2) Bacaanbantu (how to)dalamkonselingkelompokREBberpengaruhuntukmeningkatkankecakapankelolaemosirendah (3) Bacaanimajinatifdanbacaan bantu sama-samaberpengaruhuntukmeningkatkankecakapankelolaemosirendah. Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisampaikan 1)bagikonselor teknikbahanbacaandalamkonselingkelompokREBdapatmeningkatkankecakapankelolaemosisiswa MTs dansebagaiacuandalammencobakanberbagaijenisbahanbacaan yang disukaiolehkonseli seperti puisi ceritabergambar dansejenisnya 2) Penelitiselanjutnya Peneliti yang tertarikdengantopikbahanbacaandapatmengujimanfaat-manfaattersebutsecarasistematisdalamsetingkonselinglainnya sertadapatmengintegrasikandenganmenggunakanpendekatan-pendekatan yang berbeda. 8195

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56839

Actions (login required)

View Item View Item