Keefektifan "proses guru" sebagai teknik bimbingan kelompok dalam meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karier siswa SMK / Guruh Sukma Hanggara - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan "proses guru" sebagai teknik bimbingan kelompok dalam meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karier siswa SMK / Guruh Sukma Hanggara

Hanggara, Guruh Sukma (2016) Keefektifan "proses guru" sebagai teknik bimbingan kelompok dalam meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karier siswa SMK / Guruh Sukma Hanggara. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hanggara GuruhSukma. 2015. Keefektifan Proses Guru Sebagai Teknik Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMK.Tesis Program StudiBimbingandanKonseling PascasarjanaUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr. M. Ramli M.A. (II) Dr. Moh. Irtadji M.Si. Kata Kunci keefektivan proses GURU bimbingankelompok kemampuanpengambilankeputusankarier. Kemampuanpengambilankeputusankariermerupakansalahsatukapasitaskognitifseseorangdalammengevaluasiberbagaipilihankariergunamenghasilkankomitmen yang bertanggungjawab. Dengankemampuanpengambilankeputusankarier yang baikmakaindividudapatmemilihkarier yang sesuaidenganpotensnyasecarabertanggungjawab konsekuendanmatang. Untukitukemampuanpengambilankeputusankariersiswa SMK perluditingkatkansalasatunyamelaluibimbingankelompokdenganteknik proses GURU. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuikeefektifan proses GURU sebagaiteknikbimbingankelompokdalammeningkatkankemampuanpengambilankeputusankariersiswa SMK. PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianPretest-Posttest Control Group Designdengansubjekpenelitiansiswa SMKN 1 Trenggalek.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahobservasi wawancaradanskalakemampuanpengambilankeputusankariersiswa SMK. Data yang diperolehberupa data angkadan data non angka/verbal. Data angkadianalisismenggunakanstatistikdeskriptifdaninferensial. Data non angka/verbal dianalisisdenganmendeskripsikan data kemudianmenarikkesimpulandarideskripsitersebut. HasilujihipotesismenggunakanTwo Independent Sample Test Mann Whitney Umenghasilkantarafsignifikansiantarakelompokkontroldaneksperimensebesar 0 03 706 0 05 yang berartibahwabimbingankelompokdenganmenggunakan proses GURU lebihefektifdibandingkandenganbimbingankelompoktanpa proses GURU (as usual) dalammeningkatkankemampuanpengambilankeputusankariersiswa SMK. Saran yang diajukandalampenelitianiniadalah (1) Guru BK seyogyanyamenggunakanproses GURU sebagaiteknikdalam BK yang diaplikasikansecarakolaboratifbersamapendekatan BK lainya (2) Penggunaan proses GURU hendaknyajugamemperhatikantahapperkembangan aspek yang hendakdikembangkandanjugakonten proses GURU itusendiri (3) Untukpenelitiselanjutnyasebaiknyameneliti proses GURU dengandesainselaintrue experiment Pretest-Posttest Control Group Design sepertiSingle-Subject Designs penelitiantindakandalam BK danpenelitianmodel lainnyasehinggadapatlebihterujikeefektifannyadanjugalebihmemperhatikanpenggunaaninstrumenpenelitiandenganbaik (4) Penelitiselanjutnyadiharapkanmemperhatikanancamanvaliditas internal maupuneksternaldanmengujikeefektifan model proses GURUdalamberbagaiaspekpsikologi yang lainsepertimotivasi hargadiri efikasidiri kemampuanberfikirkritis kemampuanberfikirrespekdan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56834

Actions (login required)

View Item View Item