Pengaruh video berbasis experiential learning terhadap kemampuan sosial emosional anak taman kanak-kanak / Lusia Rianghati Luaha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh video berbasis experiential learning terhadap kemampuan sosial emosional anak taman kanak-kanak / Lusia Rianghati Luaha

Luaha, Lusia Rianghati (2016) Pengaruh video berbasis experiential learning terhadap kemampuan sosial emosional anak taman kanak-kanak / Lusia Rianghati Luaha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rianghati L Lusia 2015. Pengaruh Video Berbasis Experiential Learning Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Taman Kanak-Kanak. Tesis Jurusan Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Imanuel Hitipeuw M.A. (II) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed Kata Kunci Video Experiential Learning Sosial Emosional Anak Taman Kanak- Kanak Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh video berbasis Experiential Learning terhadap kemampuan sosial emosional pada anak TK. Perkembangan kemampuan sosial emosional anak TK merupakan salah satu aspek yang perlu di kembangkan dan penting mendapatkan rangsangan dan bimbingan agar dapat berkembang secara optimal. Dalam kaitannya dengan usaha tersebut penelitian ini menggunakan video berbasis Experiential Learning melalui empat tahap (1) tahap pengalaman konkrit (2) tahap pengamatan aktif dan reflektif (3) tahap konseptualisasi dan (4) tahap eksperimentasi. Subjek penelitian adalah anak TK Santo Yusup II Malang yang berjumlah 5 anak. Penelitian ini di laksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Penggunaan video berbasis Experiential Learning dalam penelitian ini diintegrasikan pada kegiatan pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah bahan perlakuan dan instrumen pengumpulan data berupa checklist perkembangan sosial emosional anak. Temuan hasil penelitian yakni hasil analisis data visual baseline dan hasil intervensi menunjukkan bahwa video berbasis experiential learning dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak TK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56833

Actions (login required)

View Item View Item