Gultom, Widya Tioria Bisli (2016) Keefektifan synectics model untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP / Widya Tioria Bisli Gultom. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK TioriaBisliGultom Widya. 2015. KeefektifanSynectics ModeluntukMeningkatkanKeterampilanBerpikirKreatifSiswa SMP. PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dany M. Handarini M.A. (2) Dr. AdiAtmoko M.Si. Kata Kunci berpikirkreatif siswa SMP synectics model Berpikirkreatifmerupakansalahsatuketerampilan yang pentingbagisetiapsiswauntukmembantudalammeningkatkankemandirian. Peningkatanketerampilanberpikirkreatifsiswa SMP perludiurusiuntukmenghasilkangenerasikreatifdanmandiri. Keterampilanberpikirkreatifmenggunakansynectics modelbelumdiujikeefektifannyadalamranahBimbingandanKonseling. Tujuanpenelitianiniadalahmengujiefektivitassynectics modeldalammeningkatkanketerampilanberpikirkreatifsiswa SMP. Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimenequivalent time series designterhadap 8 (delapan)siswa SMP kelas VII yang memilikiketerampilanberpikirkategorirendah.Metode yang digunakanuntukmeningkatkanketerampilanberpikirkreatifsiswaadalahsynectics model. Ada beberapatahappadapelatihanketerampilanberpikirkreatifmenggunakansynectics modelyaitu (a) tahapmendeskripsikansituasisaatini (b) tahapanalogilangsung (c) tahapanalogi personal (d) tahapanalogilangsung II dan (e) tahapkembaliketugasawal. Instrumen yang digunakanuntukmengukurketerampilanberpikirkreatifmenggunakanrubrikketerampilanberpikirkreatif yang dikembangkanolehpeneliti. Analisis data dilakukansecaraindividudankelompok. UjihipotesismenggunakanWilcoxon signed rank testdengan z tabel 0 05. Jika z hitung z tabelmakasynectics modelterbuktiefektif. Dari ujihipotesiskeseluruhandidapat z hitungsebesar 0 017. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasynectics modeldapatmeningkatkanketerampilanberpikirkreatifsiswa SMP secaraefektif.Keterampilanberpikirkreatifsiswameningkatdarisesikesetiapsesi.Saranpenelitianadalahpertama secarateoritis synectics modelperludikajilebihmendalamdandiujicobapadakonteks yang lebihluasdengansubjekpenelitian yang lebihbervariasi. Kedua secarapraksis saran ditujukankepada 1) Konselor yang inginmenggunakansynectics model untukmeningkatkanketerampilanberpikirkreatifsiswa SMP diharapkanuntuk (a) memastikanterlebihdahulubahwasiswa yang ditetapkansebagaisubjekpelatihanmemangmembutuhkanpelatihantersebut (b) memerlukanwaktu yang relatif lama dan (c) mengikutipedomanaplikasisynectics modeldengancermat. 2) Siswa yang menjadisubjekpelatihandiharapkanuntuk (a) dapatmelakukananalogilangsung (b) dapatmelakukananalogi personal (c) dapatmenemukan ide-ide baru dan (d) dapatmengembangkan ide-ide tersebut. 3) Penelitilanjutdisarankanuntukmemilihmateriintervensi yang lebihbervariasidanlebihluas di bidangbimbinganpribadi-sosial belajardankarir.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56831 |
Actions (login required)
View Item |