Pengembangan media pematangan emosi model DVD experiential learning untuk siswa SMA / Andreas Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pematangan emosi model DVD experiential learning untuk siswa SMA / Andreas Setiawan

Setiawan, Andreas (2016) Pengembangan media pematangan emosi model DVD experiential learning untuk siswa SMA / Andreas Setiawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiawan Andreas. 2015. Pengembangan Media PematanganEmosi Model DVD Experiential Learning untukSiswa SMA. Tesis Program StudiBimbingandanKonseling PascasarjanaUniversitasNegeri Malang Pembimbing (I) Dr. H. AndiMappiare-AT M.Pd. (II) Dr. Hj. Muslihati S.Ag. M.Pd. Kata Kunci media kematanganemosi experiential learning. Kedudukan media dalampelaksanaanlayananbimbingan di sekolahadalahsebagaisaranapembawapesan yang berkaitandenganbimbingandankonseling.Media dapatmenarikminatdanperhatiansiswasehinggalayananbimbinganmenjadilebihefektifdalammemfasilitasipencapaiantugasperkembangansiswakhususnyaberkaitandengankematanganemosi.Tujuanpenelitianinisecararinciadalah 1) diperolehdeskripsimengenai format media yang dapatditerimaolehahli media danpengguna 2) diperolehdeskripsimengenaiisi media yang dapatditerimaolehahli BK guru BK/Konselordandapatdigunakanuntukmengembangkankematanganemosisiswa SMA. Dari ketercapaiantujuantersebutdihasilkansebuah media pematanganemosi model DVD experiential learning bagisiswa SMA sebagaiprodukpenelitianini. PenelitianinimenggunakanrancanganpengembanganBorg Gall (1983) melaluitahap-tahapsebagaiberikut 1) studipendahuluan 2) pengembangan media dan 3) penilaian media. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahkuisionerdanwawancara.Data yang diperolehberupa data angkadan data non angka/verbal.Data angkadianalisismenggunakanstatistikdeskriptif.Data non angka/verbal dianalisisdenganmendeskripsikan data kemudianmenarikkesimpulandarideskripsitersebut. Hasilpenelitianmenunjukanbahwa media pematanganemosi model DVD experiential learning bagisiswa SMAdinilailayakditerimasebagai media bimbingandanpematanganemosisiswa SMA.Media pematanganemosi model DVD experiential learning terdiridari DVD yang berisitiga video dengantemapematanganemosimarah takut dancinta sertasebuahpanduan mediauntuk guru BK/Konselor. Saran dalampenelitianiniadalah guru BK/Konselorhendaknyadapatmenggunakan media pematanganemosi model DVD experiential learning sebagai media dalammemberikanlayanandasar bidangbimbinganpribadidansosialdenganmenggunakanstrategibimbingankelompok.Bagi guru BK/Konselordapatmenggunakan media iniuntukmelakukanpenelitiantindakanbimbingandankonseling bagipenelitilanjutandapatmengujikeefektivan media iniuntukmeningkatkankematanganemosisiswa SMA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56828

Actions (login required)

View Item View Item