Studi kasus tindak pembelajaran yang membimbing oleh Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Bangkalan / Miranti Widi Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus tindak pembelajaran yang membimbing oleh Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Bangkalan / Miranti Widi Andriani

Andriani, Miranti Widi (2015) Studi kasus tindak pembelajaran yang membimbing oleh Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Bangkalan / Miranti Widi Andriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andriani Miranti Widi. 2015. Studi Kasus Tindak Pembelajaran yang Membimbing oleh Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Bangkalan. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. (II) Dr. Triyono M.Pd. Kata-kata kunci studi kasus pembelajaran yang membimbing sekolah dasar Pembelajaran yang membimbing adalah pemberian pengalaman dalam proses pembelajaran sejak merancang melaksanakan dan mengevaluasi yang bertujuan agar siswa mampu mengembangkan potensi dirinya atau mencapai tugas-tugas perkembangannya. Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti tindak pembelajaran yang membimbing oleh guru SD. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tindak pembelajaran yang termasuk ke dalam peran membimbing sebagai pelaku bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus untuk menjawab pertanyaan di atas. Peneliti sebagai instrumen utama. Data penelitian ini adalah tindak pembelajaran yang membimbing oleh guru SD sebagai pelaku bimbingan dan konseling. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara mendalam (in-depth interview) observasi tidak terstruktur dan dokumen. Triangulasi sumber data dilakukan dengan pengecekan data hasil wawancara kepada subjek penelitian pengecekan data hasil wawancara kepada ahli dan memeriksa pengaruh peneliti dalam paparan data dan temuan penelitian diterapkan untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan tindak pembelajaran yang membimbing oleh guru SD merancang program pembelajaran dengan memperhatikan kebutuhan kemampuan dan kesulitan yang dihadapi siswa memahami dan mengakomodasi perbedaan individu membangun interaksi positif dengan membentuk kelompok agar siswa dapat bersosialisasi mendorong dan meningkatkan perkembangan siswa (pribadi belajar sosial dan karir) membantu siswa mengurangi tingkah laku yang merugikan dalam belajar memberi layanan konsultasi pada siswa dan walimurid memperhatikan perubahan kemajuan siswa dilihat dari pencapaian tugas perkembangan memeriksa diri atas tindakan yang telah dilakukan dan memberikan bimbingan agar siswa dapat belajar dari kesalahannya. Saran dari hasil penelitian temuan teoritis dapat dijadikan sebagai informasi dalam bimbingan dan konseling deskripsi tindak pembelajaran yang membimbing oleh guru SD. Hasil penelitian dapat pula digunakan sebagai tambahan wawasan mengenai kerangka pedagogis yang harus dipersiapkan guru dalam kegiatan pembelajaran digunakan untuk meningkatkan pemahaman guru dalam mengembangkan rencana pembelajaran dan digunakan untuk mendorong guru secara aktif terlibat dalam pembelajaran yang membimbing. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat digunakan sebagai bahan rujukan dalam penelitian pengembangan pelatihan tindak pembelajaran yang membimbing oleh guru SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56825

Actions (login required)

View Item View Item