Lathifah, Maghfirotul (2015) Evaluasi kinerja konselor profesional di SMA (discrepancy model) / Maghfirotul Lathifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lathifah Maghfirotul. 2015. Evaluasi Kinerja Konselor Profesional Di SMA (Discrepancy Model). Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj Nur Hidayah M.Pd. (II) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si M.Ed. Kata Kunci evaluasi kinerja konselor sekolah (discrepancy model) Evaluasi merupakan proses mengumpulkan menganalisis dan mendeskripsikan informasi mengenai efektivitas pelaksanaan program bimbingan dan konseling sehingga dapat disusun rekomendasi terkait dengan impelementasi program baik yang sudah dilaksanakan maupun belum dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesenjangan antara realita kinerja konselor profesional dalam mengimplementasikan program dengan standar. Secara rinci tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut adalah (1) Mendeskripsikan kinerja konselor dalam mengimplementasikan program bimbingan dan konseling di sekolah (2) Mendeskripsikan ketercapaian tujuan implementasi program bimbingan dan konseling di sekolah untuk diambil keputusan apakah kinerja konselor masih jauh mendekati ataukah sesuai dengan standar kinerja konselor profesional (3) Menemukan kesenjangan antara standar dan realita kinerja konselor dalam mengimplementasikan program bimbingan dan konseling di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan rancangan discrepancy model. Sesuai dengan tujuan penelitian evaluasi maka instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner studi dokumentasi observasi dan wawancara. Analisa data dalam penelitian ini adalah dengan mixing method. Perhitungan data angka dengan cara mengolah angka-angka yang telah ditetapkan sebagai pencerminan pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah terkait dengan kinerja konselor. Perhitungan hasil kuesioner dokumentasi dan observasi dengan menggunakan statistik deskriptif untuk menguji perbedaan antar subjek dalam kelompok. Perhitungan data yang bersifat non angka yakni dengan mendeskripsikan hasil wawancara kepada kepala sekolah konselor guru mata pelajaran dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profil gabungan tiap sekolah terteliti terkait dengan kinerja konselor dalam mengimplementasikan program bimbingan dan konseling di sekolah mendekati standar evaluasi kinerja konselor profesional dengan skor 63%. Khusus untuk implementasi konseling baik konseling individu dan kelompok perlu menjadi kajian khusus agar tidak mencederai mutu dan kualitas program bimbingan dan konseling terkait dengan kinerja konselor sebagai pengampu layanan ahli. Profil aktual yang menjadi catatan penting bagi keseluruhan sekolah terteliti ialah untuk menggagas atau memprakarsai pertumbuhan reflective practitioner dalam diri konselor.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56824 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |