Studi komparatif teknik restrukturisas kognitif dan problem based coping untuk menurunkan stres akademik siswa di MTsN Wonorejo Kencong Jember / Aminullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi komparatif teknik restrukturisas kognitif dan problem based coping untuk menurunkan stres akademik siswa di MTsN Wonorejo Kencong Jember / Aminullah

Aminullah (2015) Studi komparatif teknik restrukturisas kognitif dan problem based coping untuk menurunkan stres akademik siswa di MTsN Wonorejo Kencong Jember / Aminullah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aminullah 2015. Studi Komparatif TeknikRestrukturisasiKognitifdan Problem Based Coping untukmenurunkanStresAkademikSiswa di MTsNWonorejoKencongJember. Tesis Jurusan Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. M. Ramli M.A (II) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah M.Pd. Kata kunci teknik restrukturisasi kognitif problem based coping stres akademik Masaremajaadalahmasadimanaremajamengalamibanyaktantangan yang datangdarilingkunganluarnya remajadihadapkanolehtekanan-tekanansebagaikonsekuensiusahapenyesuaiandiripadapolaperilakubarudanharapansosial yang baru.Disekolahremajadihadapkanbanyaknyatuntutandanperubahancepat yang menyebabkansiswaterindikasimengalamistresakademik.Masalahinimemerlukanupayabimbingandankonselinguntukmengatasidanmereduksinya upaya yang dilakukanuntukmereduksinyaadalahteknikrestrukturisasikognitifdanproblem based coping sehinggarumusanmasalah yang diajukandalampenelitianiniadalah apakahadaperbedaanteknikrestrukturisasikognitifdan problem based coping untukmenurunkanstresakademiksiswa . Desainpenelitian yang digunakanadalahpretest posttest control with group design. Subyekpenelitiandipilihsecararandom dandiperoleh 10 orang siswadijadikankelompokeksperimen yang diberiperlakuanmenggunakanteknikrestruturisasikognitifdan 10 orang siswadijadikankelompokkontrol yang diberiperlakuanmenggunakanproblem based coping. Teknikstatistik yang digunakanadalahteknikstatistiknonparametris yakni Wilcoxon Matched-pairs Signed-ranks Test dan Mann-Whitney U-Test. Analisis Wilcoxon Signed Ranks Test diperolehnilaiZsebesar 12310 -2 807 12311 a dan asymp. Sig. (2-tailed) sebesar0 005 yang artinya teknik restrukturisasi kognitif efektif untuk menurunkan stres akademik kelompok siswa (kelompok eksperimen) . Selanjutnyaanalisis Wilcoxon signed Rank test jugamenunjukkannilaiZsebesar 12310 -2 677 12311 a dan asymp. Sig. (2-tailed) sebesar0 007 yang artinya problem based coping efektif menurunkan stres akademik kelompok siswa (kelompok kontrol) . Sedangkan hasil analisis Mann-Whitney U-testdiperolehnilaiZ sebesar -3 427 dan nilai asymp sig (2-tailed) sebesar0 001 yang artinya ada perbedaan teknik restrukturisasi kognitif dan problem based copingdalammenurunkanstresakademiksiswa. Dari perbedaan di atas penelitimenyarankan agar pihak madrasah/sekolahdalammembantukonseli yang mengalamidistres distorsikognitif danpenilaiannegatifmenggunakanteknikresktukturisasikognitif konselormereduksistresakademikdenganmelakukankonselingmenggunakanteknikrestrukturisasikognitif sertamenambahwawasanseputarfenomenastresakademikdenganmengikutikegiatan seminar tentangremajadanpermasalahanseputarstresakademik danpenelitiselanjutnyadapatmenelitistresakademiksiswaberdasarkantingkatankelas yang lebihtinggi letaksekolah gender ataupunsukubangsa dikarenakanpenelititidakbisamenggeneralisirhasilpenelitianinikearahtersebut. .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56823

Actions (login required)

View Item View Item