Keefektifan teknik relaksasi untuk menurunkan stres akademik siswa / Suyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik relaksasi untuk menurunkan stres akademik siswa / Suyono

Suyono (2015) Keefektifan teknik relaksasi untuk menurunkan stres akademik siswa / Suyono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suyono. 2015. Keefektifan teknik relaksasi dalam bimbingan kelompok untuk menurunkan stres akademik siswa. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Triyono M.Pd (II) Dr. Dany M. Handarini M.A. Kata Kunci Teknik relaksasi stres akademik siswa. Stres akademik sering dialami oleh siswa.Stres akademik pada tingkat rendah dan sedang diperlukan untuk memicu keberhasilan akademik siswa. Namun stres akademik tinggi akan mengganggu proses belajar siswa oleh karena itu siswa perlu dibekali keterampilan menurunkan stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik relaksasi untuk menurunkan stres akademik siswa SMA Assa adah. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design.Jumlah subjek penelitian terdiri atas 7 siswa yang dijaring dengan menggunakan inventori stres akademik siswa.Stres akademik diukur dengan inventori stres akademik siswa.Data dianalisis menggunakan statistik non parametrik yaitu uji Wilcoxon.Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik relaksasi efektif untuk menurunkan stres akademik siswa. Terkait dengan temuan penelitian ini maka saran yang disampaikan sebagai berikut 1) Bagi Konselor berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan teknik relaksasi diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk konselor dalam usaha menurunkan stres akademik siswa menjelang ujian semester serta menambah khasanah pengetahuan konselor tentang penanganan stres akademik siswa. 2) Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk pengembangan penelitian berikutnya. Peneliti lanjutan hendaknya memperhatikan kekurangan kelemahan serta keterbatasan yang ada dalam penelitian ini sehingga dapat mengembangkan teori dan hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56821

Actions (login required)

View Item View Item