Pengembangan panduan pelatihan kecerdasan emosional berbasis sinema eduksi bagi siswa Sekolah Menengah Atas / Munauwaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan kecerdasan emosional berbasis sinema eduksi bagi siswa Sekolah Menengah Atas / Munauwaroh

Munauwaroh (2015) Pengembangan panduan pelatihan kecerdasan emosional berbasis sinema eduksi bagi siswa Sekolah Menengah Atas / Munauwaroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Munauwaroh 2015. Pengembangan Panduan Pelatihan Kecerdasan Emosional Berbasis Sinema Edukasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. Tesis. Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. IM Hambali M.Pd. (II) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. Kata kunci Kecerdasan Emosional Sinema Edukasi. Latar belakang dilakukan penelitian pengembangan panduan pelatihan kecerdasan emosional berbasis sinema edukasi bagi siswa Sekolah Menegah Atas adalah hasil analisis kebutuhan menunjukkan siswa membutuhkan pelatihan kecerdasan emosional. Selain itu Konselor sekolah belum memiliki panduan pelatihan kecerdasan emosional berbasis sinema edukasi bagi siswa sehingga diperlukan suatu panduan pelatihan untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa berbasis sinema edukasi. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan Panduan Pelatihan Kecerdasan Emosional Berbasis Sinema Edukasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas yang memenuhi uji validitas dari aspek keberterimaan (akseptabilitas) yang meliputi tiga aspek yaitu kegunaan (utility) keterlaksanaan (feasibility) dan ketepatan (accuracy) Pengembangan Panduan Pelatihan Kecerdasan Emosional Berbasis Sinema Edukasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas menggunakan model penelitian pengembangan Borg Gall yaitu 1. Penelitian dan Pengumpulan Informasi 2. Perencanaan 3. Mengembangkan format awal dari produk 4. Uji lapangan awal 5. Revisi Produk Utama 6. Uji lapangan utama 7. Revisi produk operasional 8. Uji lapangan operasional 9. Revisi produk akhir Produk ahkhir. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif berupa rata-rata sedangkan wawancara komentar dan saran dianalisis secara kualitatif deskriptif. Produk yang dihasilkan bagi Konselor berupa panduan pelatihan kecerdasan emosional dan DVD sinema edukasi bagi Konselor. Panduan Pelatihan bagi Konselor terdiri dari kata pengantar daftar isi bagian I pendahuluan a) rasional pelatihan b) tujuan umum pelatihan bagian II petunjuk umum a) pengguna panduan b) sasaran pelatihan c) penggunaan instrumen pelatihan d) strategi intervensi e) penentuan jadwal pelatihan Bagian III pelatihan kecerdasan emosional terdiri dari sesi awal (pembentukan kelompok) pelatihan topik I mengenali emosi diri pelatihan topik II mengelola emosi diri pelatihan topik III memotivasi diri sendiri pelatihan topik IV mengenali emosi orang lain (empati) pelatihan topik V membina hubungan baik dengan orang lain sesi akhir (terminasi) evaluasi daftar pustaka biografi penulis. Produk panduan pelatihan kecerdasan emosional bagi siswa terdiri dari kata pengantar daftar isi bagian I penduluan bagian II penunjuk umum bagian III pelatihan kecerdasan emosional sesi awal (pembentukan kelompok) pelatihan topik I mengenali emosi diri pelatihan topik II mengelola emosi diri pelatihan topik III memotivasi diri sendiri pelatihan topik IV mengenali emosi orang lain (empati) pelatihan topik V membina hubungan baik dengan orang lain sesi akhir (terminasi) daftar pustaka. Hasil penilaian validasi produk panduan pelatihan dari Uji ahli 6 orang Ahli dan 5 Orang konselor sekolah SMA terhadap Panduan Pelatihan Kecerdasan Emosional Berbasis Sinema Edukasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas telah memenuhi kriteria keberterimaan (akseptabilitas). Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa siswa mudah dalam memahami dan menerapkan proses kegiatan dalam pelatihan. Saran penelitian adalah sebagai berikut 1) guru bimbingan dan konseling diharapkan melaksanakan pelayanan dasar berupa bimbingan dalam melatih kecerdasan emosional siswa dengan menggunakan panduan pelatihan kecerdasan emosional berbasis sinema edukasi bagi siswa Sekolah Menengah Atas karena sudah terbukti keberterimaannya dan 2) peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian eksperimen menggunakan panduan pelatihan kecerdasan emosional berbasis sinema edukasi dengan mengontrol variabel-variabel yang dapat mempengaruhi hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56820

Actions (login required)

View Item View Item