Keefektifan prosedur wants, do, evaluate, plan (WDEP) untuk meningkatkan keterampilan menetapkan tujuan akademik siswa SMA / Sri Prawita - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan prosedur wants, do, evaluate, plan (WDEP) untuk meningkatkan keterampilan menetapkan tujuan akademik siswa SMA / Sri Prawita

Prawita, Sri (2015) Keefektifan prosedur wants, do, evaluate, plan (WDEP) untuk meningkatkan keterampilan menetapkan tujuan akademik siswa SMA / Sri Prawita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prawita Sri. 2015. Keefektifan Prosedur Wants Do Evaluate Plan (WDEP) untuk Meningkatkan Keterampilan Menetapkan Tujuan Akademik Siswa SMA. Tesis.Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang. Pembimbing. (1) Dr. Dany M Handarini M.A. (2) Dr. Adi Atmoko M.Si. Kata kunci Prosedur WDEP MenetapkanTujuanAkademik Keterampilan menetapkan tujuan akademik adalah keterampilan individu mengarahkan diri dalam mencapai tujuan akademik. Keterampilan ini terdiri atas kemampuan berkomitmen pada diri untuk tujuan spesifik kemampuan meninggalkan kebiasaan negatif dan menciptakan kebiasaan positif kemampuan melangkah pada hal yang positif kemampuanan bertekun dengan hal yang terjadi kemampuan memfokuskan pada tujuan spesifik/sulit dan kemampuan mengevaluasi diri dan memberi penghargaan pada diri sendiri. Keterampilan ini perlu dikembangkan karena dari hasil prates beberapa siswa SMA memiliki keterampilan menetapkan tujuan akademik rendah. Keterampilan menetapkan tujuan akademik siswa rendah karena dalam berkomitmen pada tujuan akademik kurang spesifik. Tujuan penelitian ini menguji efektifitas prosedur WDEP untuk meningkatkan keterampilan menetapkan tujuan akademik siswa SMA. Rancangan penelitian bersifat kuantitatif dengan menggunakan rancangan equivalent time series. Subjek penelitian sejumlah 13 siswa kelas X SMAN yang dipilih dengan menggunakan skala keterampilan menetapkan tujuan akademik. Instrumen penelitian terdiri dari dua jenis instrumen yaitu 1) Instrumen pengumpulan data berupa skala keterampilan menetapkan tujuan akademik diuji dengan menggunakan perhitungan analisis butir 2) Instrumen bahan perlakuan prosedur WDEP berupa panduan skenario keterampilan menetapkan tujuan akademik yang divalidasi oleh dua orang ahli bimbingan dan konseling. Hasil penelitian menunjukkan prosedur WDEP efektif untuk meningkatkan keterampilan menetapkan tujuan akademik siswa SMA. Hal ini terbukti dari adanya perubahan yang fluktuatif dari prates ke pascates 1 pascates 2 pascates 3 pascates 4 dan pascates 5. Hasil analisis individu menunjukkan prosedur WDEP efektif untuk meningkatkan keterampilan menetapkan tujuan akademik bagi sebelas siswa sedangkan dua siswa tidak efektif. Perubahan fluktuatif terjadi karena instrumen skala keterampilan menetapkan tujuan akademik kurang spesifik. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada peneliti selanjutnya menggembangkan instrumen dan bahan perlakuan prosedur WDEP untuk meningkatkan keterampilan menetapkan tujuan akademik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56819

Actions (login required)

View Item View Item