Pengembangan panduan pelatihan keterampilan berempati melalui cinemaeducation untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP) / Ratna Faradisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan keterampilan berempati melalui cinemaeducation untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP) / Ratna Faradisa

Faradisa, Ratna (2015) Pengembangan panduan pelatihan keterampilan berempati melalui cinemaeducation untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP) / Ratna Faradisa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faradisa Ratna. 2015. Pengembangan Panduan Pelatihan Keterampilan Berempati melalui Cinemaeducation untuk Siswa SMP. Tesis Program Studi Bimbingan Konseling. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany M. Handarini M.A. Pembimbing (II) Dr. H. M. Ramli M.A. Kata Kunci pengembangan panduan pelatihan keterampilan berempati siswa SMP Keterampilan berempati merupakan kemampuan individu dalam mengetahui memahami perasaan menyediaan diri untuk membantu orang lain. Empati dapat ditingkatkan melalui kegiatan pelatihan yang sistematis dengan metode yang tepat. Bimbingan dan konseling berperan penting dalam melatihkan keterampilan berempati siswa SMP. Kegiatan bimbingan kelompok dengan metode yang bervariasi salah satunya yaitu cinemaeducation.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan pelatihan keterampilan berempati yang memenuhi kriteria ketepatan kegunaan dan kelayakan. Pengembangan panduan ini menggunakan model Borg Gall yang terdiri atas pengumpulan informasi perencanaan pengembangan produk awal uji lapangan permulaan revisi uji coba lapangan revisi produk. Dalam tahap pengembangan dilakukan penyusunan panduan pelatihan perumusan tujuan dan penentuan strategi pelatihan dengan cinemaeducation. Subyek uji ahli yaitu dosen Bimbingan Konseling program pascasarjana dan minimal berpendidikan magister untuk pengguna yaitu konselor sekolah dan lapangan terbatas siswa kelas VIII dengan jumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala penilaian akseptabilitas untuk ahli dan skala keterampilan berempati.Tahap ini menghasilkan panduan pelatihan untuk konselor dan siswa serta kaset VCD film terpilih. Proses berikutnya uji ahli dan pengguna. Para ahli dan pengguna menilai produk memiliki keberterimaan yang baik.Cinemaeducation dalam tahap uji coba lapangan terbatas produk ini jelas di uji efektifitasnya melaluilangkah menonton film diskusi dan refleksi diri. Intervensi dilakukan 12 kali.Hasil uji kelompok terbatas menunjukkan ada peningkatan keterampilan berempati siswa antara pretest dan posttest dari kategori rendah menjadi tinggi inimengindikasikan bahwa cinemaeducation dapat meningkatkan keterampilan berempati siswa SMP. Saran pada penelitian ini dalam pemilihan subyek hendaknya panduan ini dicobakan pada sekolah yang berbeda atau kelompok kelas yang berbedadengan kelompok 10 15 siswa untuk melihat keefektifan panduan.Sebelum pelatihan berlangsung hendaknya konselor memperhatikan kondisi fisik dan psikis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56818

Actions (login required)

View Item View Item