Pengembangan panduan pelatihan keterampilan mengelola emosi dengan pendekatan cognitive behavior modification (CBM) untuk siswa SMA / Endang Sri Winarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan keterampilan mengelola emosi dengan pendekatan cognitive behavior modification (CBM) untuk siswa SMA / Endang Sri Winarti

Sri Winarti, Endang (2015) Pengembangan panduan pelatihan keterampilan mengelola emosi dengan pendekatan cognitive behavior modification (CBM) untuk siswa SMA / Endang Sri Winarti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Winarti Endang Sri. 2015. Pengembangan Panduan Pelatihan Keterampilan Mengelola Emosidengan Pendekatan Cognitive Behavior Modification (CBM ) untuk Siswa SMA. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany M. Handarini M.A. Pembimbing (II) Dr. M Ramli M.A. Kata kunci pengembangan keterampilan mengelola emosi cognitive behavior modification. Penelitian ini didasarkan atas fenomena yang mengindikasikan adanya siswa SMA yang kurang terampil dalam mengelola emosi. Keterampilan mengelolaemosisebagaibagiandarikecerdasanemosionalbisadiperolehmelaluipelatihan. Tujuanpenelitianpengembanganiniuntukmenghasilkanpanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosidenganpendekatan cognitive behavior modificationuntuksiswa SMA yang memenuhiaspekkeberterimaan. Panduanpelatihandikembangkan dengan menggunakan model penelitiandan pengembangan Borg Gall (1983) yang dimodifikasimenjaditigatahap yaitu 1) tahap I yaitutahappersiapan 2) tahap II yaitutahappelaksanaan dan 3) tahap III yaitutahapujicoba. Instrumenpengumpulan data yang digunakanadalahwawancara skala keterampilan mengelola emosidanangket.Data kuantitatifdianalisisdenganstatistikdeskriptifberupa rata-rata sedangkanwawancara komentar dan saran dianalisissecarakualitatifdeskriptif. Berdasarkan hasilpenilaianuji ahliyang terdiri dari dua orang ahli bimbingan konseling dan satu ahli media pembelajaran dan hasil uji pengguna/konselor yang terdiri dari tiga orang konselor terhadap pengembangan panduanpelatihanketerampilanmengelolaemosidenganpendekatan cognitive behavior modificationuntuksiswa SMA baik secara kuantitatif dan kualitatif telahmemenuhikriteriaakseptabilitas. Menurut ahli dari segi ketepatan ahli menilai tepat keterlaksanaan ahli menilai layak untuk dilaksanakan kepatutan ahli menilai patut dan kegunaan ahli menilai berguna sehingga panduan dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai panduan konselor untuk membantu siswa mencapai kemandirian peserta didik. Hasil penelitian tersebut mengarahkan beberapa saran yaitu (1) konselor perlu memperhatikan kondisi fisik dan kondisi psikologis siswa sebelum pelatihan berlangsung agar pelaksanaan pelatihan mendapatkan hasil optimal dan (2) peneliti selanjutnya hendaknya menindaklanjuti hasil penelitian dengan menggunakan eksperimen murni dengan menggunakan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56816

Actions (login required)

View Item View Item