Evaluasi program individual learning plans terhadap perencanaan pendidikan siswa sekolah menengah pertama negeri se-kota Barabai - Kalimantan Selatan: discrepancy model / Akhmad Sugianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi program individual learning plans terhadap perencanaan pendidikan siswa sekolah menengah pertama negeri se-kota Barabai - Kalimantan Selatan: discrepancy model / Akhmad Sugianto

Sugianto, Akhmad (2015) Evaluasi program individual learning plans terhadap perencanaan pendidikan siswa sekolah menengah pertama negeri se-kota Barabai - Kalimantan Selatan: discrepancy model / Akhmad Sugianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sugianto Akhmad. 2015. Evaluasi Program Individual Learning Plans terhadapPerencanaanPendidikanSiswaSekolahMenengahPertamaNegeri Se-Kota Barabai Kalimantan Selatan Discrepancy Model. Tesis.BimbingandanKonseling PascasarjanaUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr. Carolina L Radjah M.Kes. (II) Prof. Dr. Hj. NurHidayah M.Pd. Kata Kunci individual learning plans perencanaanpendidikan evaluasi program descrepancy model ASCA Individual Learning Plans (ILP) merupakan program bimbingandankonseling yang dapatdigunakanolehkonselordalammembantupesertadidikmerencanakanpendidikansampaidenganpengambilankeputusanstudilanjut SMA/MA/SMK.Dalamrangkamengimplementasikan program yang profesional program diselenggarakandenganmengikutikaidah-kaidahpelaksanaan program Individual Learning Plansyang ada.Namunimplementasi program Individual Learning Plansterhadapperencanaanpendidikansiswa di sekolahbelummenggunakanstandar yang ditetapkan.Tujuanpenelitianevaluasi program ILPmediskripsikantingkatkesenjanganpadaaspekpenyiapan pengorganisasian pelaksanaandanpenilaiandalammengimplentasikan program Individual Learning Plansdi sekolah. Penelitianiniadalahpenelitianevaluasidenganmenggunakandiscrepancy model yang berorientasipadasuatukeputusan program.Pendekatan yang digunakandalampenelitianadalahpendekatansistem yang difokuskanpadaaspekpenyiapan pengorganisasian pelaksanaandanpenilaianpada program ILP. Penelitianevaluasiinimenggunakanmixed method design yaitukombinasimetodekuantitatif (instrument kuesionerdandokumentasi)dankualitatif (instrument wawancaradanobservasi) dengan model congcurrent triangulation yang bertujuanuntukmelakukankonfirmasi data. Data yang terkumpuldianalisisdenganteknikkuantitatifmelaluiujikomparatifkonstandankomparatiftermodifikasisertateknikkualitatifdenganpemaknaan datamelaluiexperiential learning sehinggamerupakanmixed method design. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapelaksanaan program Individual Learning Plans di sekolahsampelsebesar 30%daristandar 100% artinyabahwaimplementasi program Individual Learning Plans disimpulkansangatjauhdibawahstandar yang ditetapkan.Apabiladirincisetiapaspek (1) aspekpenyiapansangatjauh di bawahstandardenganpersentase 20% (2) aspekpengorganisasiansangatjauh di bawahstandardenganpersentase 25% (3) aspekpelaksanaanhampirmendekatistandardenganpersentase 65%dan (4) aspekpenilaianhampirmendekatistandardenganpersentase 60%. Berdasarkanhasilpenelitian makadiajukanrekomendasisebagaiberikut pelaksanaan program Individual Learning Plansterhadapperencanaanpendidikansiswa di sekolahdirekomendasikanuntuktetapdilanjutkandengansyaratdilakukansejumlahperbaikanterhadapaspekpenyiapandanpengorganisasiansertakomponendalamaspekpelaksanaandanpenilaian yang belummemenuhistandarpelaksanaan program ILP. Diharapkankonselorsebagaipemangkuprogram Individual Learning Plansmemperhatikanaspek-aspekpelaksanaaan program Individual Learning Plans yang masihjauhdibawahstandaruntukdilakukanperbaikan. Selainitukonselorsebagaitenagaprofesionaldiharapkanmeningkatkankompetensiprofesionaldanpribadinyadalamrangkamewujudkanpelayananbimbingandankonselingprofesional.Selainitudibutuhkanperansertakepalasekolahsebagaipengambilkebijakansekolahdalamupayaperbaikankualitaspelaksanaan program Individual Learning Plans. Kepalasekolahdapatdiharapkanmemfasilitasidanmengambilkebijakan yang mendukungperbaikan program bimbingandankonseling di sekolah agar hasilpelaksanaan program Individual Learning Plansdapatdirasakanoleh stakeholder khususnyasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56814

Actions (login required)

View Item View Item