Perbedaan komitmen tugas siswa SMP Negeri 4 Malang melalui penerapan teknik reframing dan self instruction / Rosalia Dewi Nawantara - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan komitmen tugas siswa SMP Negeri 4 Malang melalui penerapan teknik reframing dan self instruction / Rosalia Dewi Nawantara

Nawantara, Rosalia Dewi (2015) Perbedaan komitmen tugas siswa SMP Negeri 4 Malang melalui penerapan teknik reframing dan self instruction / Rosalia Dewi Nawantara. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nawantara Rosalia Dewi. 2015. Perbedaan Komitmen Tugas Siswa SMPN 4 Malang Melalui Penerapan Teknik Reframing dan Teknik Self Instruction. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Andi Mappiare AT M. Pd. (2) Dr. Carolina L. Radjah M. Kes. Kata kunci komitmen tugas cognitive behavior therapy reframing self instruction. Komitmen tugas yang rendah merupakan salah satu penghambat tercapainya prestasi belajar maksimal. Komitmen tugas adalah motivasi instrisik yang berubah menjadi sikap mengerjakan tugas seperti ketekunan kerja keras daya tahan percaya diri dan cara pandang. Cara mengatasi komitmen tugas rendah adalah dengan konselingteknik reframing dan self instructionyang dilaksanakan dalam situasi kelompok. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan komitmen tugas siswa SMPN 4 Malang melalui penerapan teknik reframing dan teknik self instruction (2) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan komitmen tugas siswa SMPN 4 Malang berdasarkan jenis kelamin melalui penerapan teknik reframing dan teknik self instruction dan (3) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara faktor jenis kelamin dengan teknik reframing dan teknik self instruction dalam meningkatkan komitmen tugas siswa SMPN 4 Malang. Penelitian ini menggunakan eksperimen faktorial dengan pola faktorial 2x2. Berdasarkan hasil pengukuran skala komitmen tugas terdapat 20 siswa yang teridentifikasi memiliki komitmen tugas rendah. Selanjutnya siswa dipilih secara acak untuk masuk dalam kelompok eksperimen I dan kelompok eksperimen II. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi skala komitmen tugas dan panduan teknik reframing dan teknik self instruction untuk konselor Sekolah Menengah Pertama (SMP). Data dianalisis dengan prosedur statistik Anova dua arah. Dari hasil hitung didapatkan terdapat perbedaan komitmen tugas siswa SMPN 4 Malang melalui penerapan teknik reframing dan teknik self instruction tidak terdapat perbedaan nyata komitmen tugas siswa SMPN 4 Malang berdasarkan jenis kelamin melalui penerapan teknik reframing dan teknik self instruction dan tidak terdapat interaksi faktor jenis kelamin dengan teknik reframing dan teknik self instruction dalam meningkatkan komitmen tugas siswa SMPN 4 Malang. Penelitian ini menyarankan bagi konselor sekolah perlu melaksanakan layanan konseling dengan teknik reframing dan teknik self instruction untuk meningkatkan komitmen tugas siswa. Bagi peneliti selanjutnya dapat melaksanakan penelitian serupa dalam setting individu dan diharapkan menggunakan populasi yang lebih besar dengan karakteristik siswa yang sama dengan siswa SMP agar hasil penelitian dapat digeneralisasi secara lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56812

Actions (login required)

View Item View Item