Pengembangan aplikasi penetapan peminatan untuk satuan pendidikan SMA (APPEM SMA) / Putu Agus Indrawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi penetapan peminatan untuk satuan pendidikan SMA (APPEM SMA) / Putu Agus Indrawan

Indrawan, Putu Agus (2015) Pengembangan aplikasi penetapan peminatan untuk satuan pendidikan SMA (APPEM SMA) / Putu Agus Indrawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pemanfaatanteknologi di dalam BK menjadiukurandariakuntabilitaskinerja guru BK padaabad 21 ini. Guru BK dihadapkandenganadministrasi yang banyaksehinggadibutuhkanusahauntukmemanfaatkanteknologidengantujuanefisiensikerja. Fenomena yang terjadibahwa pertama tidaksemua guru BK mampumerancangperumusanketujuhkomponenpeminatansebagaidasarpertimbanganpenetapanpeminatan. Kedua pengelolaan proses peminatandialihkankesatuankerjalainnya. Ketiga pengelolaanpeminatanmembutuhkanbanyakwaktusehinggamengganggukinerjasatuankerjalainnya. Adanyapengembangan APPEM SMA diharapkanmembantukinerja guru BK di SMA. Tujuandaripenelitianiniadalahmenciptakansebuahaplikasiperangkatlunak yang digunakanuntukpenetapanpeminatan di satuanpendidikan SMA berbantuankomputer. Penelitianinimenggunakan model penelitiandanpengembanganuntukmenjawabpersoalan di atas. Data yang dikumpulkanmenggunakanangketkeberterimaanberdasarkanFive Main Factor Qualitysebuah software. APPEM SMA divalidasiolehduaahli di bidang BK yang memahamimengenaipeminatan duaahlibidangperangkatlunak dansembilanpenggunadaritiga SMA di Kota Malang. Analisis data hasilujicobaoleh para ahlimenggunakan model Inter-rater Agreementdananalisis data hasilujicobapenggunamenggunakananalisis data diskriptif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwavalidasidari para ahli APPEM SMA memilikivalidasi yang sangattinggi. Hal iniberarti APPEM SMA layakdigunakansebagaiaplikasiuntukpenetapanpeminatansiswabaru di SMA. Hasilujicobaolehpenggunasamadengan para ahlibahwa APPEM SMA memilikivalidasi yang sangattinggi sehinggabisadigunakandalampenetapanpeminatansiswabaru SMA. Solusidariketigapersoalandi latarbelakangpenelitianinidijawabdenganadanyabantuan APPEM SMA. APPEM SMA mengakomodasiketujuhkomponenpeminatandanditambahkandengankuotarombongnbelajar yang disesuaikandengankebutuhansekolahmasing-masing. Jikakomponen yang digunakanatau yang ada di sekolahtidaksampaitujuhkomponen APPEM SMA masihdigunakansebagaiaplikasipenetapanpeminatan. Data komponen yang utamadigunakansebagaipenetapanpeminatansepertipilihanminatsiswa nilairapor dannilaiujiannasionalsertakuotarombonganbelajar yang disesuaikandengansekolahbersangkutan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56811

Actions (login required)

View Item View Item