Keefektifan konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk meningkatkan disiplin diri siswa SMP Negeri 5 Malang / Laelatul Arofah - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk meningkatkan disiplin diri siswa SMP Negeri 5 Malang / Laelatul Arofah

Arofah, Laelatul (2015) Keefektifan konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk meningkatkan disiplin diri siswa SMP Negeri 5 Malang / Laelatul Arofah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arofah Laelatul. 2015. Keefektifan Konseling Kelompok Ringkas Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Disiplin Diri Siswa SMP Negeri 5 Malang. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. M. Ramli M. A. (2) Dr. Blasius Boli Lasan M. Pd. Kata kunci disiplin diri konseling kelompok ringkas berfokus solusi sekolah menengah pertama. Perilaku disiplin menjadi satu hal yang harus dikembangkan pada diri siswa sejak dini. Perilaku disiplin akan memperlihatkan sejauhmana penerimaan siswa terhadap nilai dan perilaku yang hendak diperlihatkan di sekolah. Disiplin diri perlu mendapat perhatian yang serius karena disiplin diri siswa yang rendah akan mempengaruhi prestasi akademik siswa begitu juga sebaliknya. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan Konseling Kelompok Ringkas Berfokus Solusi untuk meningkatkan disiplin diri siswa SMP Negeri 5 Malang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest and posttest control group design. Berdasarkan hasil pengukuran skala disiplin diri terdapat 12 siswa yang teridentifikasi memiliki disiplin diri yang rendah. Selanjutnya siswa dipilih menggunakan koin untuk menentukan 6 siswa yang berada pada kelompok eksperimen dan 6 siswa yang berada pada kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi skala disiplin diri panduan pelaksanaan Konseling Kelompok Ringkas Berfokus Solusi untuk konselor Sekolah Menengah Pertama (SMP) pedoman wawancara dan jurnal refleksi diri. Data diuji menggunakan uji Two-Independent-Sample Test-Mann-Whitney U. Berdasarkan uji Two-Independent-Sample Test-Mann-Whitney U menunjukkan bahwa bahwa nilai mean pada output rank konseli yang mendapatkan intervensi menggunakan konseling kelompok ringkas berfokus solusi (kelompok eksperimen) lebih besar dibandingkan nilai mean konseli yang tidak mendapatkan intervensi konseling kelompok ringkas berfokus solusi (kelompok kontrol) yaitu 9.50 3.50. Selanjutnya dilihat dari output Test Statistics menunjukkan bahwa asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0.004 atau probabilitas di bawah 0.05 (0.004 0.05). Maka Ho ditolak artinya konseling kelompok ringkas berfokus solusi efektif untuk meningkatkan disiplin diri siswa SMP. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengembangkan penelitian ini dengan mengganti subjek penelitiannya pada jenjang lain. Selain itu peneliti selanjutnya hendaknya menggunakan rancangan penelitian lain yang lebih mendalam atau dengan menambah subjek penelitian lebih banyak agar dapat melihat perubahan siswa secara menyeluruh yang nantinya dapat dijadikan sebagai pertimbangan untuk melihat apakah perubahan pada diri siswa murni karena intervensi yang dilakukan atau ada faktor lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56810

Actions (login required)

View Item View Item