Perbedaan optimisme belajar siswa SMAN 8 Malang berdasarkan jenis kelamin pada penerapan teknik attributional Retraining dan guided imagery / Nur Fadhilah Umar - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan optimisme belajar siswa SMAN 8 Malang berdasarkan jenis kelamin pada penerapan teknik attributional Retraining dan guided imagery / Nur Fadhilah Umar

Umar, Nur Fadhilah (2015) Perbedaan optimisme belajar siswa SMAN 8 Malang berdasarkan jenis kelamin pada penerapan teknik attributional Retraining dan guided imagery / Nur Fadhilah Umar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Umar Nur Fadhilah. 2015. Perbedaan Optimisme Belajar Siswa SMAN 8 Malang Berdasarkan Jenis Kelamin Dalam Penerapan Teknik Attributional Retraining dan Teknik Guided Imagery. Tesis. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Andi Mappiare AT. M.Pd (II) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Ed. M.Si Kata Kunci Optimisme Belajar Teknik Attributional Retraining Teknik Guided Imagery Jenis Kelamin Optimisme belajar merupakan faktor afeksi yang berpengaruh terhadap pencapaian akademik motivasi berpestasi efikasi diri self-esteem dan tingkat depresi seseorang. Rendahnya optimisme belajar merupakan salah satu masalah yang banyak dialami siswa dalam proses belajarnya di sekolah. Teknik konseling yang dapat digunakan untuk meningkatkan optimisme belajar siswa adalah teknik attributional retraining dan teknik guided imagery. Tujuan penelitian ini adalah (I) menguji perbedaan optimisme belajar siswa dalam penerapan teknik attributional retraining dan teknik guided imagery (II) menguji perbedaan optimisme belajar siswa berdasarkan jenis kelamin dalam penerapan teknik attributional retraining dan teknik guided imagery (III) menguji interaksi antara faktor teknik konseling dan jenis kelamin terhadap optimisme belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan teknik pengukuran pretest-posttest non-equivalent group design dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X SMAN 8 Malang. Jumlah Sampel pada penelitian ini sebesar 24 siswa yang dibagi menjadi 12 sampel pada kelompok teknik attributional retraining dan 12 sampel pada kelompok teknik guided imagery. Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah skala optimisme belajar siswa yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis kovarian (ANACOVA) dengan bantuan SPSS 16 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (I) ada perbedaan optimisme belajar siswa dalam penerapan teknik attributional retraining dan teknik guided imagery (II) ada perbedaan optimisme belajar siswa berdasarkan jenis kelamin dalam penerapan teknik attributional retraining dan teknik guided imagery (III) tidak ada interaksi secara signifikan antara faktor teknik konseling dan jenis kelamin terhadap optimisme belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56808

Actions (login required)

View Item View Item