Pengaruh motivasi belajar, disiplin belajar, dan penyusuaian diri terhadap prestasi akademik mahasiswa Timor Leste yang kuliah di Malang / Augusto Da Costa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar, disiplin belajar, dan penyusuaian diri terhadap prestasi akademik mahasiswa Timor Leste yang kuliah di Malang / Augusto Da Costa

Costa, Augusto Da (2015) Pengaruh motivasi belajar, disiplin belajar, dan penyusuaian diri terhadap prestasi akademik mahasiswa Timor Leste yang kuliah di Malang / Augusto Da Costa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Da Costa Augusto. 2015 Pengaruh Motivasi Belajar Disiplin Belajar dan Penyesuaian Diri Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Timor Leste yang Kuliah di Malang.Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Triyono M.Pd. (II) Dr. Adi Atmoko M.Si. Kata Kunci motivasi belajar disiplin belajar penyesuaian diri prestasi akademik mahasiswa Timor Leste. Penelitian korelasional mengenai pengaruh motivasi belajar disiplin belajar dan penyesuaian diri terhadap prestasi akademik para mahasiswa Timor Leste yang kuliah di Malang. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pengaruh ketiga variabel independen tersebut terhadap prestasi akademik para mahasiswa Timor Leste yang kuliah di Malang. Mahasiswa Timor Leste yang kuliah di Malang berjumlah 460 mahasiswa dari jumlah tersebut ada 427 mahasiswa sarjana. Diambil 40% atau 171 dari mahasiswa sarjana dengan cara proposionate area random sampling menjadi sampel penelitian. Peneliti menggunakan skala motivasi belajar skala disiplin belajar dan skala penyesuaian diri untuk mengumpulkan data penelitian. Model regresi ganda digunakan untuk mengungkapkan pengaruh ketiga variabel independen terhadap prestasi akademik para mahasiswa Timor Leste yang kuliah di Malang. Berdasarkan analisis model regresi ganda ditemukan bahwa prestasi akademik para mahasiswa Timor Leste yang kuliah di Malang dipengaruhi oleh motivasi belajar 17 6% disiplin belajar sebesar 31 9% penyesuaian diri sebesar 32 7% berarti terbukti hipotesis dan asumsi bahwa ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap prestasi akademik. Akumulasi pengaruh ketiga variabel independen sebesar 82 2% sedangkan 17 8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini disarankan kepada beberapa pihak pertama setiap Universitas di Timor Leste dan Universitas di Malang yang menerima mahasiswa dari Timor Leste.Kedua Pemerintah Timor Leste terutama kementerian pendidikan dan kebudayaan. Ketiga seluruh civitas akademik bahwa hasil penetian ini menjadi sumber faktual dan empiris dalam layanan bimbingan dan konseling untuk menyeimbangkan aspek nonkognitif dan kognitif saling berpengaruh dalam meraih prestasi akademikdan keempat kepada peneliti selanjutnya untuk lebih memfokus-kan penelitian mengenai peranan faktor nonkognitif dalam meraih prestasi akademik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56807

Actions (login required)

View Item View Item