Iriani, Panca Setia (2015) Penggunaan teknik sosiodarama untuk meningkatlan kepercayaan diri siswa kelas VIII E di SMP Negeri I Kota Pasuruan tahun pelajaran 2013-2014 / Panca Setia Iriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Iriani Panca Setia. 2015. Penggunaan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII E SMP Negeri I Pasuruan. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Triyono M.Pd Pembimbing (II) Dr. Hj. Muslihati S.Ag M.Pd. Kata kunci Kepercayaan diri Siswa SMP Sosiodrama Masalah aktual yang sering menjadi pembicaraan adalah upaya meningkatkan kepercayaan diri dimana kepercayaan diri merupakan aspek kepribadian manusia yang berfungsi untuk mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya adanya sikap individu yakin akan kemampuannya dalam bertingkah laku sesuai dengan yang diharapkan bertanggung jawab atas tindakannya dan tidak terpengaruh oleh orang lain. Remaja SMP yang berada pada masa transisi perlu dibekali kepercayaan diri yang baik agar dapat mencapai tugas perkembangannya membentuk citra diri positif maupun jati dirinya dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya. Kepercayaan diri sangat diperlukan untuk menciptakan suasana dan sikap belajar yang baik sehingga siswa dapat mencapai prestasi belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan teknik sosiodrama dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII E SMP Negeri I Pasuruan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan dalam 2 sikus. Peneliti sebagai partisipan penuh dengan dibantu oleh 1 guru BK sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Pasuruan dengan subyek penelitian guru bimbingan dan konseling semester genap tahun 2013/2014. Instrumen pengumpul data menggunakan angket kepercayaan diri respon siswa lembar pengamatan keterlaksanaan sosiodrama pedoman wawancara dan dokumentasi. Penggunaan teknik sosiodrama dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa dapat dilaksanakan dengan baik melalui langkah-langkah (a) Persiapan (b) Membuat skenario sosiodrama (c) Menentukan kelompok pemain (d) Menentukan kelompok penonton dan menjelaskan tugasnya (e) Pelaksanaan sosiodrama (f) Evaluasi dan diskusi. Hasil penelitian peningkatan kepercayaan diri penggunaan teknik sosiodrama yaitu (1) teknik sosiodrama oleh siswa dan guru BK terlaksana dengan baik melalui tahapan pembentukan peralihan kegiatan dan pengakhiran sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri menumbuhkan sikap dan keberanian menyampaikan pendapat serta memecahkan masalah (2) penggunaan teknik sosiodrama dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa ditunjukkan dengan adanya ketertarikan dalam sosiodrama dan hasrat untuk dapat berkembang secara optimal (3) kepercayaan diri siswa dapat meningkat dimana keterlaksanaan sosiodrama oleh kelompok pemain dan penonton dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan skor sehingga hasil observasi pada umumnya nenunjukkan peningkatan pada semua kategori yang ditetapkan. Hal tersebut juga didukung dengan hasil analisis wawancara dengan siswa dan dokumentasi yang dilancarkan oleh peneliti. Saran penelitian 1) teknik sosiodrama mudah dipahami dan sangat menarik perhatian siswa guru bk dapat menggunakannya lebih lanjut dalam layanan BK lainnya 2) kepala sekolah dapat memfasilitasi sarana dan prasarana khususnya terkait pelaksanaan layanan BK memberikan motivasi kepada guru maupun guru bk agar senantiasa mengembangkan diri secara berkelanjutan 3) siswa dapat mengambil langkah dalam menentukan sikap pada setiap tindakannya agar kepercayaan dirinya menjadi lebih baik 4) bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian sejenis dengan dikemas lebih menarik 5) untuk dinas terkait hasil penelitian dapat digunakan sebagi acuan dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56803 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |