Kholisna, Titin (2015) Pengembangan skala disiplin diri belajar peserta didik Madrasah Tsanawiyah di Kota Malang / Titin Kholisna. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kholisna Titin. 2015. Pengembangan Skala Disiplin diri Belajar Peserta didik Madrasah Tsanawiyah di Kota Malang. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Adi Atmoko M.Si. (2) Dr. Moh. Irtadji M.Si. Kata kunci skala disiplin diri. 12288 12288 12288 12288 Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan skala disiplin diri belajar (SD2B) yang memiliki tingkat validitas dan reliabilitas instrumen yang memadai. Prosedur pengembangan skala disiplin diri belajar meliputi (1) spesifikasi alat ukur (2) penulisan butir instrumen (3) penelaahan butir instrumen (4) perakitan instrumen (5) uji coba terbatas (6) analisis uji coba terbatas (7) seleksi dan revisi instrumen (8) uji coba terpakai (9) analisis uji coba terpakai (10) pengadministrasian instrumen dan (11) penyusunan norma. Populasi penelitian ini adalah seluruh Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta di Kota Malang sebanyak 28 madrasah. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan tehnik cluster random sampling. 12288 12288 12288 12288 Uji coba instrumen dilakukan sebanyak tiga kali. Tahap pertama sebanyak 292 butir diujicobakan kepada 91 peserta didik dan dianalisis menggunakan analisis dari Alpha Cronbach diperoleh 132 butir valid dengan nilai r 8805 0 3. Kedua sebanyak 132 butir diujicobakan kepada 224 peserta didik dan dianalisis menggunakan analisis eksploratori diperoleh 36 butir valid dengan muatan faktor (factor loading) 8805 0 5. Ketiga sebanyak 36 butir diujicobakan kepada 288 peserta didik dianalisis menggunakan analisis eksploratori dan konfirmatori diperoleh 16 butir valid dengan muatan faktor 8805 0 5. Skala disiplin diri belajar memiliki reliabilitas yang tinggi yakni sebesar 0 839. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas instrumen maka diperoleh hasil penelitian yaitu (1) konsep definisi disiplin diri belajar (2) terdapat tiga aspek disiplin diri belajar (3) instrumen skala disiplin diri belajar (4) standar norma lokal (local norms) dan (5) manual penggunaan skala disiplin diri belajar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini maka konselor dapat segera merencanakan intervensi kepada peserta didik dan konselor dapat membuat program-program layanan bimbingan konseling sesuai dengan kebutuhan peserta didik terkait disiplin diri belajar. Bagi peneliti selanjutnya dapat dilakukan kembali pengembangan instrumen dalam skala populasi yang lebih besar dengan mempertimbangkan karakteristik budaya secara khusus sehingga dapat memenuhi akurasi norma lebih luas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |