Model kausal teoritik kecemasan menghadapi ujian pada siswa SMA di Mojokerto Jawa Timur / Syilviantia Najma - Repositori Universitas Negeri Malang

Model kausal teoritik kecemasan menghadapi ujian pada siswa SMA di Mojokerto Jawa Timur / Syilviantia Najma

Najma, Syilviantia (2014) Model kausal teoritik kecemasan menghadapi ujian pada siswa SMA di Mojokerto Jawa Timur / Syilviantia Najma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Najma Syilviantia. Model Kausal Teoritik Kecemasan Menghadapi Ujian Pada Siswa SMA di Mojokerto Jawa Timur. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Adi Atmoko M.Si. (II) Dr. Dany M. Handarini M.A. Kata Kunci Kecemasan Ujian Efikasi Diri Keterampilan Belajar Persepsi Situasi Ujian Kecemasan ujian merupakan emosi negatif yang sering dialami siswa pada situasi akademik. Kecemasan ujian berpengaruh secara negatif terhadap performa dan prestasi akademik. Kecemasan ujian sebagai reaksi emosi yang tidak menyenangkan dan bersifat situasional muncul pada saat siswa menghadapi situasi evaluatif. Kecemasan ujian melibatkan aspek kognitif afektif dan behavioral dipengaruhi beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji suatu model teoritik kecemasan ujian pada siswa SMA yang disusun berdasarkan pendekatan transaksional. Selain itu membuktikan apakah model teoritik kecemasan ujian mendapat dukungan empiris dan menjelaskan bagaimana pengaruh antar variabel. Rancangan kuantitatif dan jenis penelitian cross-sectional digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas XII di Kota dan Kabupaten Mojokerto yang memiliki kecemasan ujian tinggi dan sangat tinggi. Responden penelitian sebanyak 199 orang yang diambil dengan teknik cluster sampling. Instrumen yang digunakan berupa skala psikologis yang telah diuji validitas konstruknya dengan teknik analisis faktor eksploratori dan dilanjutkan dengan konfirmatori. Instrumen-instrumen tersebut mengukur kecemasan ujian dengan R 0 765 keterampilan belajar dengan R 0 740 efikasi diri dengan R 0 760 dan persepsi situasi ujian dengan R 0 625. Data dianalisis dengan teknik statistik structural equation modeling (SEM) dengan bantuan software AMOS. Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa model fit menghasilkan kesimpulan bahwa baik keterampilan belajar efikasi diri maupun persepsi situasi ujian tidak terbukti mempengaruhi kecemasan ujian pada siswa SMA di Mojokerto. Dari hasil ini disarankan pada peneliti selanjutnya untuk memilih dan menentukan variabel lain yang diperkirakan dapat mempengaruhi kecemasan ujian pada siswa SMA utamanya yang memiliki kecemasan ujian tinggi dan sangat tinggi. Sedangkan kepada konselor disarankan untuk lebih memperhatikan unsur kecemasan ujian dalam diri siswa. Terutama apakah kecemasan tersebut merupakan kecemasan yang memotivasi ataukah kecemasan yang mengurangi performa serta selalu siap melayani siswa dengan pelayanan konseling yang tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56799

Actions (login required)

View Item View Item