Pengembangan teknik bimbingan mendongeng untuk meningkatkan disiplin diri peserta didik Taman Kanak-Kanak / Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan teknik bimbingan mendongeng untuk meningkatkan disiplin diri peserta didik Taman Kanak-Kanak / Nurhayati

Nurhayati (2014) Pengembangan teknik bimbingan mendongeng untuk meningkatkan disiplin diri peserta didik Taman Kanak-Kanak / Nurhayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurhayati. 2014. Pengembangan Teknik Bimbingan Mendongeng Untuk Meningkatkan Disiplin Diri Peserta Didik Taman Kanak-Kanak. Tesis. Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. M Ramli M.A. Pembimbing (II) Dr. Fatah Hanurawan M. Ed. Kata kunci Teknik Bimbingan Mendongeng Disiplin Diri 12288 12288 12288 12288 Disiplin diri dikembangkan sepanjang rentang tugas perkembangan peserta didik. Usia TK adalah masa yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik yakni masa awal perkembangan kesadaran peserta didik. Oleh karena itu penting disiplin diri dibina dan dikembangkan pada masa ini (usia TK). Disiplin diri adalah keterampilan mengatur mengontrol dan mengarahkan diri yang berpusat pada kesadaran. Sasaran bimbingan adalah peserta didik Taman Kanak-kanak Pembina Kota Bima. Tujuan penelitian ini menghasilkan Teknik Panduan Pelaksanaan Bimbingan Mendongeng Untuk Meningkatkan Disiplin Diri Peserta Didik TK yang telah memenuhi aspek keberterimaan secara teorits dan praktis. 12288 12288 12288 12288 Prosedur penelitian pengembangan ini di adaptasi dari model penelitian dan pengembangan Borg Gall (1983) yang dimodifikasi menjadi tiga tahap 1) tahap I asesmen dan studi kepustakaan 2) tahap II pengembangan produk merumuskan tujuan dan standar kompetensi menyusun indikator menyusun draf awal 3) tahap III (uji coba) validasi produk (ahli bimbingan dan konseling ahli pengembangan media pembelajaran ahli pengguna) serta uji efektivitas pada lapangan terbatas. Data dikumpulkan dengan angket penilaian produk dan daftar cek ( 8730 ) perilaku di disiplin diri. Validasi instrumen dilakukan dengan uji validasi logika (logical validity) oleh kedua pembimbing. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik non parametrik sedangkan masukan/kritik/saran dianalisis secara deskriptif kualitatif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penilaian ahli teori dan ahli pengguna terhadap teknik panduan pelaksanaan bimbingan mendongeng untuk meningkatkan disiplin diri peserta didik TK telah memenuhi keberterimaan secara teoritis dan praktis. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa teknik bimbingan mendongeng praktis dan efektif untuk meningkatkan disiplin diri. Saran penelitian untuk 1) pembimbing agar menggunakan teknik panduan pelaksanaan bimbingan mendongeng yang sesuai praktis efektif dan efisien serta menarik untuk membantu meningkatkan disiplin diri peserta didik TK 2) program studi Bimbingan Konseling agar memasukan teknik bimbingan mendongeng dalam kajian bahan matakuliah 3) peneliti selanjutnya agar menguji efektivitas teknik panduan pelaksanaan bimbingan mendongeng melalui eksperimen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56797

Actions (login required)

View Item View Item