Pengembangan paket pelatihan konseling kelompok kognitif behavioral berbasis experiential learning untuk instruktur bimbingan dan konseling / Riskiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pelatihan konseling kelompok kognitif behavioral berbasis experiential learning untuk instruktur bimbingan dan konseling / Riskiyah

Riskiyah (2014) Pengembangan paket pelatihan konseling kelompok kognitif behavioral berbasis experiential learning untuk instruktur bimbingan dan konseling / Riskiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Riskiyah 2014. Pengembangan Paket Pelatihan Konseling Kelompok Kognitif Behavioral Berbasis Experiential Learning Bagi Instruktur Bimbingan dan Konseling. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. M. Ramli M.A. (II) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd Kata kunci pelatihan konseling kelompok kognitif behavioral experiential learning 12288 12288 12288 Sehubungan dengan perlunya perluasan pelayanan yang mampu menjangkau lebih banyak konseli secara tepat dan cepat layanan konseling kelompok makin dirasa kemanfaatannya. Untuk itu konselor perlu memiliki keterampilan yang memadai dalam penyelenggaraan layanan konseling kelompok. Hasil studi pendahuluan menunjukkan rendahnya intensitas pelaksanaan layanan konseling kelompok serta rendahnya pengetahuan guru BK terhadap layanan tersebut. Berdasarkan temuan tersebut perlu dikembangkan paket pelatihan konseling kelompok yang dapat membantu guru BK dan instruktur BK untuk penyelenggaraan pelatihan konseling kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan paket pelatihan konseling kelompok kognitif behavioral berbasis experiential learning yang memenuhi persyaratan akseptabilitas baik secara teoretis maupun secara praktis untuk instruktur BK dan guru BK. Adapun paket yang dikembangkan terdiri atas panduan untuk instruktur panduan untuk guru BK dan video konseling kelompok kognitif behavioral. Tahap pengembangan yang dilakukan yaitu studi pendahuluan pengembangan produk validasi ahli dan pengguna dan uji coba lapangan/validasi empirik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi kuisioner tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik non parametrik uji beda wilcoxon. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa paket pelatihan konseling kelompok Kognitif Behavioral berbasis experiential learning berterima secara teoretis dan praktis dalam aspek ketepatan kegunaan dan keterlaksanaan. Ahli konseling dan ahli teknologi pendidikan serta instruktur menilai paket adalah tepat sangat berguna dan baik dalam keterlaksanaan. Guru BK menilai paket adalah amat tepat sangat berguna dan baik dalam keterlaksanaan. Selain itu paket pelatihan ini juga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan konseling kelompok Kognitif Behavioral guru BK SMA Kab. Sumenep. Hasil pretes pemahaman mencapai rata-rata sebesar 43 67 meningkat menjadi 71.00 pada postes pada pretes keterampilan perencanaan sebesar 26 13 meningkat menjadi 70 80 pada postes pretes keterampilan penerapan sebesar 43 67 hasil postes menjadi 76 20. 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian disarankan digunakannya paket ini oleh instruktur BK untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan guru BK dalam konseling kelompok. Paket pelatihan ini dikembangkan berdasarkan kebutuhan dan karakteristik guru BK SMA di Kabupaten Sumenep. Agar paket ini dapat diterima secara lebih luas untuk itu hendaknya perlu diujicobakan pada subjek dengan karakteristik yang lebih beragam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56795

Actions (login required)

View Item View Item