Keefektifan konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk mengurangi perilaku agresif siswa SMA / Dita Kurnia Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk mengurangi perilaku agresif siswa SMA / Dita Kurnia Sari

Sari, Dita Kurnia (2014) Keefektifan konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk mengurangi perilaku agresif siswa SMA / Dita Kurnia Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Dita Kurnia. 2014. Keefektivan Konseling Kelompok Ringkas Berfokus Solusi Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Sekolah Menengah Atas. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nur Hidayah M.Pd. (II) Dr. M. Ramli M.A. Kata Kunci perilaku agresif konseling kelompok ringkas berfokus solusi sekolah menengah atas Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja yang berperilaku agresif akan mengalami hambatan belajar masalah interpersonal memiliki prestasi akademik dan keterampilan sosial yang rendah. Perilaku agresif adalah perbuatan kekerasan yang membahayakan menyakitkan melukai dan menimbulkan kerugian terhadap korban yang dilakukan dengan sengaja dalam bentuk aktif maupun pasif fisik maupun verbal baik secara langsung atau tidak. Konseling Kelompok Ringkas Berfokus Solusi dilandasi oleh filosofi pascamodern dan konstruktivisme sosial serta memiliki karakteristik singkat berfokus solusi berorientasi pada tujuan fokus pada masa sekarang dan masa depan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektivan Konseling Kelompok Ringkas Berfokus Solusi untuk mengurangi perilaku agresif siswa SMA.Desain yang digunakan adalahpre-test post-test control group. Subjek yang diberikan intervensi adalah lima siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang pada tahun pelajaran 2013/2014 yang memiliki tingkat perilaku agresif yang tinggi berdasarkan pengukuran skala perilaku agresif. Skala perilaku agresif memiliki nilai validitas butir total dengan nilai R di atas 0 3 danreliabilitas sebesar 0 898 yang berarti instrumen dapat memberikan hasil pengukuran yang dapat dipercaya dan layak digunakan sebagai alat pengumpul data.Data angka dianalisis menggunakan uji Two Independent-Sample Test-Mann-Withney-U. Sedangkan data verbal menggunakan metode analisis percakapan melalui rekaman konseling (verbatim). Hasil analisis data angka menunjukkan bahwa nilai Z_hitung -2 611 dan Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0 009 0 05 maka H_0 ditolak. Artinya Konseling Kelompok Ringkas Berfokus Solusi efektif mengurangi perilaku agresif siswa SMA. Analisis percakapan menunjukkan bahwa pernyataan konseli yang awalnya menunjukkan perilaku agresif tinggi berubah menjadi pernyataan yang menunjukkanperilaku agresif rendah. Saran penelitian sebagai berikut (1) konseling kelompok ringkas berfokus solusi dapat digunakan oleh konselor untuk mengurangi perilaku agresif siswa SMA (2) peneliti selanjutnya perlu menindaklanjuti dengan menggunakan variasi sesi pertemuan populasi dan rancangan penelitian lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56793

Actions (login required)

View Item View Item