Keefektifan konseling kelompok cognitive behavior untuk mereduksi pola pikir prokrastinasi akademik siswa SMA / Joris Taneo - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling kelompok cognitive behavior untuk mereduksi pola pikir prokrastinasi akademik siswa SMA / Joris Taneo

Taneo, Joris (2014) Keefektifan konseling kelompok cognitive behavior untuk mereduksi pola pikir prokrastinasi akademik siswa SMA / Joris Taneo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Taneo Joris. 2014. Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behavior Untuk Mereduksi Pola Pikir Prokrastinasi Akademik Siswa SMA. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. M. Ramli M.A. (II) Dr. Moh. Irtadji M.Si. Kata kunci pola pikir prokrastinasi akademik konseling kelompok konseling cognitive behavior siswa SMA. Pola pikir prokrastinasi akademik adalah kerangka berpikir (irrational beliefs negative self statements dan irrational perfectionism) yang menyebabkan suatu perilaku menghindari menunda atau menangguhkan tugas-tugas atau kegiatan akademik yang penting (perlu dikerjakan). Pola pikir prokrastinasi akademik banyak dilakukan oleh siswa SMA dan memiliki dampak negatif yaitu kegagalan menggapai tuntutan-tuntutan pendidikan. Oleh sebab itu perlu diatasi dengan berbagai macam pendekatan konseling di antaranya konseling kelompok cognitive behavior. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok cognitive behavior mereduksi pola pikir prokrastinasi akademik siswa SMA. Rancangan penelitian ini ialah true experimental dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah 14 orang siswa yang dibagi secara random dengan jumlah yang seimbang yaitu 7 siswa pada kelompok eksperimen dan 7 siswa pada kelompok kontrol. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan skala pola pikir prokrastinasi akademik siswa jurnal refleksi diri dan pedoman wawancara. Sebelum skala pola pikir prokrastinasi akademik siswa digunakan terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas menggunakan analisis faktor dengan nilai KMO adalah 0 719 dan loading faktor tiap butir 8805 0 5. Uji reliabilitas menggunakan analisis alpa cronbach dengan nilai 0 678. Data pretest dan posttest kelompok eksperimen dan kontrol diuji dengan statistik uji beda Mann-Whitney U. Data yang dihasilkan melalui jurnal refleksi diri dan pedoman wawancara dijelaskan secara deskriptif. Hasil analisis statistik diperoleh nilai z hitung z tabel yaitu -3.094 dan nilai Asymp.Sig (2-tailed) adalah 0.002 0.05. Dengan demikian konseling kelompok cognitive behavior efektif untuk mereduksi pola pikir prokrastinasi akademik siswa SMA. Rata-rata penurunan tingkat pola pikir prokrastinasi akademik adalah 5 7. Hasil analisis deskriptif juga menunjukkan penurunan pola pikir prokrastinasi akademik siswa setelah intervensi. Saran penelitian pertama bagi konselor sekolah (1) pada situasi atau keadaan sekolah saat ini yaitu tidak seimbang antara konselor dan jumlah siswa yang dilayani maka konselor sekolah dapat mengalihkan fokus intervensi yang selama ini cenderung individual ke konseling kelompok dan (2) konseling kelompok cognitive behavior dapat digunakan oleh konselor sekolah untuk mereduksi pola pikir prokrastinasi akademik. Kedua bagi peneliti selanjutnya (1) Intervensi konseling kelompok hanya berfokus pada pola pikir prokrastinasi akademik siswa sedangkan perilaku dan emosi belum diintervensi. Oleh sebab itu penelitian selanjutnya dapat melakukan intervensi terhadap perilaku dan emosi prokrastinasi akademik siswa dan (2) penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mendapatkan intervensi konseling cognitive behavior sedangkan kelompok kontrol mendapatkan intervensi sebagaimana biasanya (as usual) sehingga hasil posttest pada kelompok kontrol cenderung tetap. Oleh sebab itu penelitian selanjutnya dapat menggunakan rancangan yang sama dengan adanya perlakuan pendekatan konseling tertentu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56792

Actions (login required)

View Item View Item