Malelak, Erly Oviane (2014) Keefektifan konseling kelompok cognitive behavioral dengan teknik bermain untuk mengurangi berkata bohong anak / Erly Oviane Malelak. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Malelak Erly Oviane. 2014. Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behavioral dengan Teknik Bermain untuk Mengurangi Berkata Bohong Anak. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Adi Atmoko M.Si. (II) Dr. Nur Hidayah M.Pd. Kata kunci konseling kelompok Cognitive Behavioral dengan teknik bermain berkata bohong anak SD. Masa kanak-kanak adalah masa emas bagi pembentukan karakter. Salah satu karakter yang penting ialah kejujuran. Terdapat berbagai fenomena ketidakjujuran pada anak. Salah satu wujud dari ketidakjujuran yang dilakukan anak-anak yaitu berkata bohong. Berkata bohong merupakan penyampaian pernyataan yang tidak benar dan dilakukan dengan maksud untuk memberikan keyakinan yang tidak benar kepada orang yang mendengarkan atau penerima pernyataan itu. Berkata bohong terbagi atas dua jenis yakni berkata bohong antisosial dan berkata bohong prososial. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok Cognitive Behavioral dengan teknik bermain untuk mengurangi berkata bohong anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pre-eksperimen dalam bentuk One Group Pretest-posttest Design. Subjek penelitian ialah siswa kelas V SD yang memiliki masalah berkata bohong. Data penelitian diperoleh melalui observasi pretest dan posttest. Analisis data untuk melihat keefektifan konseling kelompok Cognitive Behavioral dengan teknik bermain dilakukan dengan menggunakan Wilcoxon Matched-pairs Signed-ranks Test. Hasil penghitungan uji Wilcoxon Matched-pairs Signed-ranks Test yang dilakukan dengan bantuan SPSS 20 0 menunjukkan bahwa skor Z hitung sebesar -2 060 dan signifikansi sebesar 0 039 atau kurang dari 5%. Dengan demikian maka konseling kelompok Cognitive Behavioral dengan teknik bermain secara efektif dapat menurunkan berkata bohong anak. Saran penelitian ini pertama bagi konselor (1) konseling kelompok Cognitive Behavioral dengan teknik bermain merupakan suatu pendekatan yang telah teruji keefektifannya dan dalam prosesnya tidak hanya menarik bagi konseli tetapi juga bagi konselor. Karena itu sangat disarankan agar pendekatan ini diterapkan atau dijadikan suatu metode dalam mengatasi masalah berkata bohong anak dan (2) penggunaan permainan sebaiknya disesuaikan dengan usia konseli dan dipertimbangkan dengan cermat keefektifan dari permainan tersebut sebelum digunakan. Kedua Bagi peneliti selanjutnya (1) disarankan untuk dapat mengkaji keefektifan konseling kelompok Cognitive Behavioral dengan teknik bermain terhadap perilaku bermasalah lain (2) perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan desain penelitian yang berbeda jumlah subjek yang lebih luas atau membandingkan konseling kelompok Cognitive Behavioral dengan teknik bermain dengan intervensi lainnya untuk mengatasi masalah berkata bohong dan (3) perlu dilakukan penelitian pengembangan panduan konseling kelompok Cognitive Behavioral dengan teknik bermain untuk mengatasi berkata bohong anak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56791 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |