Wahyuningsih, Diana Dewi (2014) Efektivitas teknik self management untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP / Diana Dewi Wahyuningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wahyuningsih Diana Dewi. 2014. Efektivitas Teknik Self Management Untuk Meningkatkan kemandirian Belajar Siswa SMP. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nur Hidayah M.Pd. (II) Dr. Adi Atmoko M.Si. Kata kunci teknik self management kemandirian belajar siswa SMP. 12288 12288 12288 12288 Kemandirian belajar baik proses maupun hasil belajar perlu ditumbuhkan pada siswa SMP agar memiliki pemahaman tentang pentingnya belajar. Siswa yang belum memiliki kemandirian belajar dapat dilihat dari pemikiran siswa yang melihat hasil bukan proses belajarnya. Kurangnya kemandirian belajar siswa terlihat dari belum terampilnya siswa dalam menyelesaikan permasalahan terkait dengan belajar. Kemandirian belajar ditingkatkan dengan mengajarkan teknik self management agar siswa mampu mengelola diri dalam kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik self management untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan single subject desain dan model yang digunakan A-B-A . Subjek penelitian 3 (tiga) siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah. Instrumen pengumpul data terdiri atas skala kemandirian belajar rubrik observasi dan pedoman wawancara. Instrumen perlakuan berupa panduan teknik self management untuk konselor. Instrumen penelitian telah divalidasi oleh ahli bidang bimbingan dan konseling. Pengamatan perilaku siswa dalam pembelajaran matematika diamati oleh observer dengan menggunakan rubrik observasi. Data dianalisis dengan analisis data visual grafis. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara individu teknik self management efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP. Skor kemandirian belajar sebelum dan sesudah intervensi dari masing-masing subjek adalah subjek RA dengan skor 63 pada kategori rendah menjadi 93 dengan kategori tinggi subjek AA skor 62 pada kategori sangat rendah menjadi 95 dengan kategori tinggi dan subjek ZR skor 63 pada kategori rendah menjadi 97 dengan kategori tinggi. Peningkatan kemandirian belajar berdasarkan rubrik observasi dari masing-masing siswa target adalah sebagai berikut. Subjek RA mean baseline sebesar 10 25 meningkat menjadi 19 5 pada fase intervensi dan meningkat menjadi 27 25 pada fase maintenance Subjek AA mean baseline sebesar 10 5 meningkat menjadi 19 3 pada fase intervensi dan meningkat menjadi 25 5 pada fase maintenance Subjek ZR mean baseline sebesar 10 25 meningkat manjadi 20 6 pada fase intervensi dan meningkat menjadi 27 pada fase maintenance. Berdasarkan data di atas pada masing-masing subjek mengalami peningkatan yang tajam. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan temuan penelitan disarankan agar konselor untuk menerapkan teknik self management dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. Peneliti selanjutnya disarankan agar melakukan penelitian pengembangan maupun tindakan kelompok ataupun individu dalam konteks permasalahan yang lain dan populasi yang lebih besar desain penelitian yang berbeda atau membandingkan dengan jenis intervensi lain untuk mengatasi masalah yang sama.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56790 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |